Penerapan Media Pembelajaran SketchUp Dengan Model Inquiry Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X DPIB SMK Negeri 1 Madiun Pada Mata Pelajaran Dasar - Dasar Kontruksi Bangunan

  • Yuliana Eka Pramesti Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Wiyono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang membantu guru untuk menyampaikan materi yang ada. Metode pembelajaran adalah skenario pembelajaran, untuk memudahkan penyampaian materi. Keduanya sangat penting dalam proses penyampaian materi.  Maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang 1) Hasil belajar siswa, 2) Motivasi belajar siswa, dan 3) Keterlaksanaan pembelajaran dengan penerapan media pembelajaran SketchUp dengan model Inquiry Terbimbing pada mata pelajaran Dasar – Dasar Kontruksi Bangunan Dan Properti.

Agar mendapatkan data yang relevan, jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan subjek kelas X DPIB 1 SMK N 1 Madiun, yang mana dalam satu kelas berisi 36 siswa. Dan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes (terdiri Post Test dan Pre Test) dan wawancara.

Dari pengamatan tersebut menghasilkan data sebagai berikut: 1) Hasil belajar siswa pada aspek kognitif untuk  siklus I memiliki prosentase sebesar 39% sedangkan pada siklus II mendapatkan prosentase sebesar 86%. Aspek psikomotor siklus I sebesar 56 %, sedangkan  siklus II memiliki prosentase sebesar 67 %. 2) motivasi belajar siswa saat proses pembelajaran, memiliki prosentase pada siklus I sebesar 45.83% sedangkan hasil prosentase siklus II sebesar 63.88 %. Dari hasil tersebut terdapat kenaikan pada setiap siklus, penerapan media SketchUp dengan model pembelajaran Inquiry terbimbing mampu meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa dalam pembelajaran. 3) Keterlaksanaan proses pembelajaran juga dikategorikan baik,dengan peningkatan presentase sebesar 7%. Dapat dikatakan pemahaman siswa dengan penelitian ini meningkat, dan kreatifitas guru juga meningkat.

Kata Kunci: Motivasi, Hasil Belajar, PTK

Published
2021-06-27
Section
Articles