META ANALISIS PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI

  • Mokhammad Rifaldi Universitas Negeri Surabaya
  • Suparji Suparji Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang efektif dapat membuat peserta didik mengerti dan memahami sebuah materi yang disampaikan oleh seorang pendidik. Salah satu sarana dalam proses pembelajaran adalah media/perangkat pembelajaran, diantaranya yaitu media elektronik dan media cetak. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan media pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi. Metode yang digunakan pada literature review ini adalah metode meta-analisis. Jurnal yang dianalisis berasal dari Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan UNESA dan Google Scholar sebanyak lima jurnal. Dalam penelitian ini analisis yang dikaji adalah effect size dari penerapan media pembelajaran pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi, diantaranya yaitu hasil belajar, klasifikasi media, format pembelajaran, dan materi yang diajarkan. Effect size pengaruh penerapan media pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi dengan  sebesar 0,792 kategori standar sedang. Dari keseluruhan jurnal yang dikaji diperoleh tiga jurnal yang menggunakan media cetak dengan  sebesar 1,026 dan dua jurnal yang lain menggunakan media elektronik dengan  sebesar 0,441. Dengan hasil effect size tersebut menunjukan bahwa penerapan media cetak memiliki pengaruh yang besar dalam hasil belajar peserta didik. Effect size pada format pembelajaran Drill & Practice berpengaruh sedang dengan  sebesar 0,792. Effect size materi yang diajarkan diperoleh pengaruh yang besar pada materi mengkategorikan macam-macam pekerjaan konstruksi kayu dengan  sebesar 2,162. Effect size pada materi menghitung rencana angaran biaya beton bertulang berpengaruh sedang  dengan  sebesar 0,458. Effect size pada materi menghitung volume pekerjaan bangunan gedung berpengaruh sedang dengan  sebesar 0,444. Effect size materi menghitung dinding, atap, dan sanitasi berpengaruh sedang dengan  sebesar 0,438.

Kata Kunci: Effect Size, Media Pembelajaran, Meta-analisis.

Published
2021-07-07
Section
Articles
Abstract Views: 469
PDF Downloads: 437