LITERATUR REVIEW: PENERAPAN MEDIA SKETCHUP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI MENGGAMBAR POTONGAN RUMAH 1 LANTAI DI SMK

  • Adi Prayoga Universitas Negeri Surabaya
  • Feriza Nadiar

Abstract

Siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang disiapkan untuk dapat terjun langsung ke dunia kerja setelah lulus mengharuskan siswa agar memahami materi yang disampaikan oleh guru. Namun media belajar yang disediakan sekolah kurang dimanfaatkan secara maksimal,serta kurangnya inovasi model pembelajaran yang diterapkan oleh guru yang berdampak pada motivasi belajar, pemahaman dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang tepat diterapkandi tingkat Sekolah Menengah Kejuruan adalah Project Based Learning(PjBL) dengan menerapkan media Sketchup agar siswa dapat melihat gambar secara 3D. Penulisan artikel ini dimaksudkan untuk mengetahui: (1) kelayakan media Sketchup dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL); (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media Sketchup dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL); (3) hasil belajar siswa terhadap penerapan media Sketchup dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi menggambar potongan rumah 1 lantai. Metode yang digunakan adalah literature rewiew, langkah langkah yang digunakan penelitian ini: (1) merumuskan masalah (2) mengumpulkan data (3) mengevaluasi kelayakan data (4) menganalisis temuan penelitian (5) mengatur dan menyajikan hasil. Hasil dari 5 jurnal yang telah di review mendapatkan hasil: (1) kelayakan media Sketchup mendapatkan kategori layak hingga sangatlayak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan model pembelajaran ProjectBased Learning (PjBL), (2) keterlaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan memperoleh kategori sangat baik, (3) hasil belajar siswa menggunakan media Sketchup dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi menggambar potongan rumah 1 lantai mendapat persentase81 – 100% dengan kategori sangat tinggi.

Kata Kunci : Sketchup, Project Based Learning, Hasil Belajar Siswa.

Published
2021-07-08
Section
Articles
Abstract Views: 468
PDF Downloads: 737