VALIDASI PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN MEDIA MINIATUR PONDASI FOOT PLATE PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DI SMKN 1 MOJOKERTO

  • Peggy Nur Laili Evanda Universitas Negeri Surabaya
  • Mas Suryanto HS Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Berdasarkan observasi pada saat kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) di SMKN 1 Mojokerto, ditemukan masalah khususnya pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi (EBK). Mata pelajaran EBK dianggap sulit karena memerlukan keterampilan dalam memvisualisasikan gambar kerja ke dalam perhitungan serta belum diterapkan media yang menarik dan efektif pada kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu, perlu adanya penerapan media miniatur yang dapat mengatasi masalah tersebut. Namun, perangkat dan media pembelajaran yang akan digunakan harus berstatus valid terlebih dahulu. Penelitian ini memiliki tujuan mengukur taraf kevalidan dari perangkat dan media miniatur pondasi foot plate. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Perangkat yang divalidasi berupa silabus, RPP, handout, tes hasil belajar dan media miniatur pondasi foot plate. Validasi perangkat pembelajaran dan media pembelajaran dilakukan oleh dua validator, yakni dosen ahli Teknik Sipil Universitas Negeri Surabaya dan guru pengampu mata pelajaran EBK SMKN 1 Mojokerto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas silabus yaitu 82%, validitas RPP yaitu 83%, validitas handout yaitu 82%, validitas tes hasil belajar yaitu 85%, dan validitas media miniatur pondasi foot plate yaitu 87%. Validitas dari perangkat dan media pembelajaran masuk kategori sangat valid jika dicocokkan dengan tabel kriteria validitas. Dengan demikian, perangkat dan media miniatur pondasi foot plate dapat diterapkan pada proses pembelajaran.

Kata Kunci: validasi perangkat pembelajaran, miniatur pondasi foot plate.

Published
2021-07-08
Section
Articles