STUDI TENTANG MODEL DAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DI SMK

  • Mahmu Datu Rofiah Universitas Negeri Surabaya
  • Mas Suryanto HS Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Permasalahan utama pada mata pelajaran produktif Estimasi Biaya Konstruksi (EBK) yaitu peserta didik kurang memahami komponen-komponen materi, sehingga EBK terkesan sebagai mata pelajaran yang sulit. Penggunaan model dan media pembelajaran yang tepat diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dilaksanakannya penelitian ilmiah ini, antara lain: (1) mengetahui model pembelajaran yang tepat untuk diterapkan pada pembelajaran mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di SMK, (2) mengetahui media pembelajaran yang efektif untuk pembelajaran mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di SMK. Metode yang diterapkan pada penelitian adalah Meta-Analisis. Sumber data utama yaitu data sekunder dari sepuluh jurnal dan skripsi. Analisis data dilakukan dengan pemberian kode (coding category), perhitungan  effect size dan disimpulkan. Hasil perhitungan effect size penelitian penerapan model pembelajaran metode Kooperatif Group Investigation dan media pembelajaran Powerpoint memiliki effect size tertinggi sebesar 3,35, dikonversikan ke dalam daftar kurva normal menjadi 0,4996. Nilai tersebut berarti penerapan model Kooperatif Group Investigation dengan media pembelajaran Powerpoint memberikan pengaruh sebanyak 49,96% terhadap keberhasilan belajar bagi peserta didik pada pembelajaran Estimasi Biaya Estimasi di SMK. Model pembelajaran yang tepat untuk diterapkan pada pembelajaran mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di SMK adalah Kooperatif Group Investigation, dan media pembelajaran yang efektif untuk pembelajaran mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di SMK adalah Powerpoint. 

Kata Kunci: Estimasi Biaya Konstruksi, Kooperatif Group Investigation, Model dan media pembelajaran, Powerpoint.

Published
2021-07-15
Section
Articles