PENGEMBANGAN E-HANDOUT KELAS XI BKP SMKN 1 MADIUN MATA PELAJARAN PERENCANAAN BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI

  • Khisti Anisa monica Putri Universita negeri surabaya
  • Soeparno Soeparno

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini sedang mengalami perubahan pembelajaran yang mengharuskan peserta didik melakukan kegiatan belajar secara online, salah satunya di SMK Negeri 1 Madiun. Hal ini membuat peserta didik memerlukan sebuah media pembelajaran yang dapat dipelajari secara mudah, menarik, dan ringkas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa E-Handout yang layak digunakan, dan (2) Mengetahui respon peserta didik setelah diberikannya media tersebut pada mata pelajaran Perencanaan Bisnis Konstruksi dan Properti, materi Perencanaan Tenaga Kerja di SMK Negeri 1 Madiun. Penelitian ini menggunakan metode 4D dengan 4 tahapan yang dimiliki yaitu (1) Pendefinisian, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, dan (4) Penyebaran. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, hingga penyebaran angket terhadap pihak terkait, yang pada hal ini adalah dosen Teknik Sipil UNESA beserta guru yang bersangkutan di SMK Negeri 1 Madiun sebagai validator perangkat pembelajaran untuk menguji kelayakan silabus, RPP, dan media pembelajaran berupa  E-Handout, sedangkan untuk respon peserta didik sendiri akan diisi oleh peserta didik siswi kelas XI BKP SMK Negeri 1 Madiun, 30 peserta didik berasal dari XI BKP 1 dan 28 peserta didik dari XI BKP 2. Hasil analisis data, diperoleh persentase 81.54% untuk uji validasi silabus yang masuk pada kriteria sangat valid, 82.31% untuk uji validasi RPP yang masuk pada kriteria sangat valid, 75. 45% untuk uji validasi materi yang masuk pada kriteria valid, dan 85.29% untuk uji validasi media yaitu E-Handout yang masuk pada kriteria sangat valid sesuai dengan interval skala penilaian. Hasil akhir respon peserta didik sendiri memperoleh nilai persentase nilai 79.27% dari kelas XI BKP 1 dan 83.21% dari kelas XI BKP 2, dengan rata-rata akhir 80.59% yang masuk pada kriteria baik sesuai dengan interval skala penilaian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa E-Handout layak digunakan dalam kegaiatan pembelajaran.

Kata Kunci: E-Handout, Respon Peserta didik, Validasi.

Published
2021-08-05
Section
Articles
Abstract Views: 445
PDF Downloads: 433