Kelayakan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Animasi Sketchup Pada Perhitungan Volume dan Kebutuhan Bahan Pekerjaan Kolom Di SMKN 1 Mojokerto

  • siti badriah universitas negeri surabaya
  • mas suryanto universitas negeri surabaya

Abstract

Estimasi Biaya Konstruksi pada materi perhitungan volume dan kebutuhan bahan merupakan materi yang sulit bagi siswa SMK, karena kurangnya penggunaan perangkat pembelajaran dan media yang tervalidasi dan dorongan terhadap siswa agar dapat membayangkan pekerjaan struktur yang akan dihitung, sehingga materi akan dijelaskan dengan media yang berbasis 3 dimensi (3D) yaitu animasi sketchup. Penelitian memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran dan media animasi sketchup. Pengambilan data validasi melalui pengisian angket oleh validator yaitu dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan guru SMKN 1 Mojokerto. Validator menilai melalui angket dengan skala pengukuran, yaitu 5 (sangat layak), 4 (layak), 3 (cukup), 2 (kurang layak), dan 1 (tidak layak). Data validasi kemudian dianalisis dan diinterprestasi pada skor penilaian yaitu 81%-100% (sangat layak), 61%-80% (layak), 41%-60% (cukup), 21%-40% (kurang layak), dan 0%-20% (tidak layak). Rata-rata presentase pada silabus adalah 94,29% dengan aspek perwajahan dan tata letak yaitu 96,67%, isi yaitu 92,22%, bahasa yaitu 100%. Rata-rata presentase RPP adalah 92,63% dengan aspek perwajahan dan tata letak yaitu 100%, isi yaitu 87,14%, skenario/ kegiatan belajar mengajar yaitu 90%, bahasa yaitu 100%, dan penilaian yaitu 100%. Rata-rata presentase soal evaluasi siswa adalah 96,60% dengan aspek perwajahan dan tata letak yaitu 97,50%, isi yaitu 95%, dan bahasa yaitu 97,50%. Rata-rata presentase media animasi sketchup adalah 81,25% dengan aspek materi yaitu 95%, ilustrasi yaitu 100%, kualitas dan tampilan media yaitu 90%, dan daya tarik yaitu 80%. ). Hasil validasi perangkat pembelajaran dan media animasi sketchup dikategorikan “sangat layak”.

Published
2021-09-08
Section
Articles
Abstract Views: 252
PDF Downloads: 309