PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TYPE QUIZ TEAM DAPAT MENUNTASKAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT DI SMK

  • Reky Tri Prasetyo Universitas Negeri Surabaya
  • Indiah Kustini

Abstract

Salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran mata diklat di SMK adalah peran guru dalam model pembelajaran yang sesuai. Penentuan pemakaian model pembelajaran yang cocok bisa memberi bekal keterampilan yang baik karena kegiatan belajar mengajar 60% berwujud praktik pada lapangan. Salah satu penerapan model pembelajaran yang diharapkan siswa bisa aktif dalam pembelajaran dan dapat meningkatan hasil pembelajaran adalah active learning tipe quiz team perlu di telaah dari beberapa artikel. Tujuan dari menelaah artikel penerapan model pembelajaran active learning type quiz team di SMK adalah untuk mendeskripsikan bahwa penerapan model tersebut di SMK menjadikan peserta didik aktif ketika kegiatan belajar mengajar yang berakibat hasil belajar bisa tuntas 75% dari nilai KKM yang ditentukan. Metode menelaah artikel yang digunakan literatur review. Teknik pengumpulan data menggunakan studi literature. Teknik analisis data dilakukam secara bertahap yakni proses mengumpulkan data reduksi hasil data menyajikan data pembahasan hasil pengumpulan data berahkir penarikan kesimpulan. Berdasarkan pembahasan studi literatur 5 jurnal penelitian pendidikan tentang model active learning type quiz team disimpulkan bahwa kualitas belajar dapat ditingkatkan dengan bukti hasil belajar setelah pembelajaran selesai nilai rerata kelas yang tuntas ≥ 75% dengan nilai KKM yang sudah ditentukan yaitu 75 jadi penerapan model active learning type quiz team di SMK mampu menuntaskan hasil belajar peserta didik. 

Published
2021-09-13
Section
Articles
Abstract Views: 406
PDF Downloads: 432