STUDI LITERATUR TENTANG PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL PADA MATERI MENGGAMBAR 2D DENGAN AUTOCAD DI SEKOLAH KEJURUAN

  • Aldi Suryo Arianto Universitas Negeri Surabaya
  • Feriza Nadiar Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Berdasarkan studi dari Sekolah Menengah Kejuruan yang berbasis bangunan, terdapat mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior gedung yang memuat materi penggambaran 2D dengan menggunakan aplikasi AutoCAD. Kesulitan dialami peserta didik dalam mengikuti pembelajaran yang diajarkan langsung oleh pendidik, maka dibutuhkan media pembelajaran modul yang membahas secara sistematis agar materi menggambar 2D dapat dipahami dengan mudah oleh peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari perbedaan dari tingkat kelayakan, hasil respon pengguna dan hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah diterapkannya media modul tentang menggambar 2D dengan aplikasi AutoCAD. Artikel ini menggunakan metode studi literatur terhadap beberapa jurnal terdahulu yang masih terkait dengan judul. Artikel ini mengambil data antara lain: hasil dari penerapan media pembelajaran modul, kelayakan modul, hasil respon peserta didik serta hasil belajar peserta didik dari jurnal terdahulu. Hasil yang diperoleh dari penerapan media modul ini efektif sehingga sangat disarankan untuk digunakan. Hal tersebut dinyatakan dalam penelitian yang dilakukan Ramadhani (2020), Siahaan (2017), Patkur (2013), Fajri (2013), Dinata (2019). Hasil kelayakan media menunjukkan hasil sangat layak dengan mencapai persentase tertinggi mencapai 94,9%. Respon peserta didik menyatakan hasil sangat baik dengan persentase tertinggi persentase 88,307% yang berarti dalam kriteria yang sangat layak. Sedangkan untuk hasil belajar peserta didik dari jurnal terkait, semuanya menunjukkan peningkatan dengan hasil tertinggi didapat dari penelitian Dinata (2019) yang mencapai peningkatan sebanyak 18,79.

Kata Kunci: AutoCAD, Media pembelajaran, Modul

 

Based on a study from a building-based Vocational High School, there are software application subjects and building interior design that contain 2D drawing materials using AutoCAD applications. The difficulties experienced by students in participating in learning that are taught directly by educators, so it takes a learning media module that discusses systematically so that 2D drawing material can be understood easily by students. This study aims to find differences in the level of feasibility, the results of user responses and student learning outcomes before and after the implementation of the 2D drawing media module with the AutoCAD application. This article uses the literature study method on several previous journals that are still related to the title. This article collects data including: the results of the application of the module learning media, the feasibility of the module, the results of student responses and student learning outcomes from previous journals. The results obtained from the application of this module media are effective so it is highly recommended to use it. This is stated in research conducted by Ramadhani (2020), Siahaan (2017), Patkur (2013), Fajri (2013), Dinata (2019). The results of the feasibility of the media showed very decent results by reaching the highest percentage reaching 94.9%. Student responses stated that the results were very good with the highest percentage of 88.307%, which means that the criteria are very feasible. As for student learning outcomes from related journals, all of them showed an increase with the highest results obtained from Dinata's research (2019) which reached an increase of 18.79.

Keywords: AutoCAD, Learning media, Module

Published
2021-09-22
Section
Articles
Abstract Views: 820
PDF Downloads: 683