IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA VIDEO YOUTUBE PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X DI SMK

  • erika wanda puspita Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Sabariman

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengetahui: (1) alternatif pembelajaran yang efektif dikala aktivitas pendidikan melalui daring menggunakan media pembelajaran video Youtube dan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berstandarkan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)  yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah; (2) perbedaan nilai rata–rata peserta didik yang menerapkan  media video Youtube dan peserta didik tidak menerapkan media video Youtube; (3)  respon peserta didik SMKN 1 Sidoarjo, kelas X TKP 3 terhadap kegiatan belajar mengajar yang menerapkan media video Youtube dengan model pembelajaran TPS, Kompetensi Dasar (KD) 3.5 menganalisis gaya–gaya dalam  pada struktur bangunan. Penelitian ini menggunakan  riset kuantitatif, tipe riset eksperimen semu, desain riset menggunakan Intact-Group Comparasion. Subjek riset ini menggunakan dua kelas yakni kelas X TKP 2 selaku kelas kontrol dan X TKP 3 selaku kelas eksperimen. Metode analisis yang digunakan yaitu uji analisis data berupa uji-t, untuk mengetahui perbedaan hasil rata–rata kedua kelas yang diuji. Uji Statistik yang digunakan yakni uji statistik inferensial perbedaan dua mean dari data yang diperoleh. Hasil riset menunjukan kalau: (1) media video Youtube dan model pembelajaran TPS bisa digunakan sebagai alternatif dikala aktivitas pendidikan melalui daring karena memiliki persentase ketuntasan belajar 63,88% yang berstandar pada nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM); (2) hasil post test dihitung menggunakan uji-t, dengan perbandingan dua mean diperoleh hasil t-hitung=2,06>t-tabel=1,66 sehingga bisa disimpulkan terdapat adanya perbandingan antara nilai rata–rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen serta kelas kontrol sehingga didapat hasil bahwa media video Youtube dan model pembelajaran TPS memperoleh  hasil belajar yang lebih baik; (3) respon peserta didik terhadap model pembelajaran TPS menggunakan media video Youtube yaitu memperoleh nilai rata-rata 74,05% sehingga dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan video Youtube dengan  TPS  termasuk kategori baik.

Kata Kunci: Hasil belajar peserta didik, Respon Siswa, Think Pair Share (TPS), Video Youtube.

Published
2021-10-07
Section
Articles
Abstract Views: 268
PDF Downloads: 204