ANALISIS META PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK, KONSTRUKSI BANGUNAN DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA

  • Handa Saria Nur Prahesti Universitas Negeri Surabaya
  • Suparji Suparji

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada beberapa mata pelajaran antara lain; mekanika teknik, konstruksi bangunan gedung dan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Metode kuantitatif  dengan pendekatan meta-analysis dipilih sebagai metode dan jenis penelitian pada artikel ini. Sampel berupa 6 artikel penelitian bersumber dari Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini terdiri dari 3 klasifikasi analisis, yaitu analisis terhadap judul artikel dan mata pelajaran, jenjang kelas dan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik mengalami peningkatan, antara lain, peserta didik mulai lebih terbiasa dalam memecahkan masalah, kemampuan berpikir kritis meningkat, kemampuan berkomunikasi meningkat dan kemampuan peserta didik untuk aktif dan kreatif juga meningkat. Perhitungan effect size pada klasifikasi judul artikel dan mata pelajaran menunjukkan bahwa terdapat 4 artikel dengan kategori effect size rendah dan dua artikel dengan effect size tinggi. Perhitungan pada klasifikasi jenjang kelas menunjukkan bahwa effect size pada kelas X sebesar 0,88 dengan kategori sedang dan pada kelas XI sebesar 0,39 dengan kategori rendah. Perhitungan pada media pembelajaran menunjukkan bahwa effect size pada media maket memiliki nilai 0,38 dengan kategori rendah dan media modul sebesar 0,79 dengan kategori sedang. Hasil perhitungan effect size tersebut menunjukkan bahwa penerapan PBL memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik.

Published
2021-10-25
Section
Articles
Abstract Views: 286
PDF Downloads: 0 PDF Downloads: 224