PENERAPAN MEDIA BERBASIS AURORA 3D PRESENTATION PADA MATA PELAJARAN DASAR DASAR KONSTRUKSI DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Agus Putra Mas Sandy Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kelayakan media berbasis Aurora 3D Presentation dengan model pembelajaran mind mapping; (2) keterlaksanaan pembelajaran terhadap penerapan media berbasis Aurora 3D Presentation dengan model pembelajaran mind mapping; (3) hasil belajar siswa terhadap penerapan media berbasis Aurora 3D Presentation dengan model pembelajaran mind mapping; (4) respon siswa terhadap penerapan media berbasis Aurora 3D Presentation dengan model pembelajaran mind mapping.

Jenis penelitian ini adalah one shot case study dengan bentuk Pre-Experimental Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X DPIB 2 SMK Negeri  Surabaya tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 35 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar validasi media pembelajaran, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes hasil belajar, lembar angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kelayakan perangkat pembelajaran, analisis kelayakan media pembelajaran, analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisis hasil belajar, analisis respon siswa serta uji-t satu pihak kiri.

Hasil penelitian ini adalah (1) prosentase rata-rata hasil kelayakan media pembelajaran sebesar 83,33% dengan kategori sangat layak; (2) prosentase rata-rata hasil keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan 1 sebesar 83,13% dengan kategori sangat baik, pada pertemuan 2 sebesar 84,38% dengan kategori sangat baik dan pada pertemuan 3 sebesar 84,67% dengan kategori sangat baik; (3) nilai rata-rata hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan (kognitif) menunjukkan prosentase ketuntasan sebesar 77,14% dari 27 siswa dan siswa yang berada di bawah KKM memperoleh prosentase sebesar 22,86% dari 8 siswa. Sedangkan dalam aspek keterampilan (psikomotorik) pada pertemuan 1 memperolah nilai rata-rata 76,79 dengan kategori baik dan pada pertemuan 2 memperoleh nilai rata-rata 88,17 dengan kategori sangat baik; (4) prosentase rata-rata hasil respon siswa sebesar 82,51% dengan kategori sangat baik.

Published
2021-12-10
Section
Articles
Abstract View: 79