STUDI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MAKET PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN

  • Helmy Syarif Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK

Dari hasil observasi serta wawancara dengan tenaga pendidik SMK Negeri Kudu, bahwa di sekolah belum dapat mengoptimalkan metode dan media pembelajaran, sehingga peserta didik kurang tertarik mempelajari materi yang bersangkutan. Maka dalam rangka penigkatan hasil belajar peserta didik, dibutuhkan model dan media pengajaran yang tepat dan salah satunya adalah media  maket. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keterlaksanaan, dan hasil belajar peserta didik terhadap penggunaan media maket pada materi konstruksi bangunan. Metode penelitian ini yaitu penelitian literature review. Sumber data tersebut diperoleh dari beberapa jurnal penelitian yang bersangkutan dengan penggunaan media maket pada pembelajaran konstruksi bangunan. Kelayakan media maket dari beberapa hasil penelitian ini memperoleh kategori valid serta media layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. Keterlaksanaan tenaga pendidik serta proses belajar peserta didik menggunakan media maket dengan berbagai model pembelajaran dari beberapa hasil penelitian tersebut mendapat kriteria sangat baik terhadap kegiatan belajar mengajar. Persentase keterlaksanaan pembelajaran tertinggi adalah penelitian yang dilakukan oleh Huriyanto (2018) yaitu sebesar 96%.  Hasil penelitian yang dilakukan oleh Gunawan (2019) pada materi menggambar konstruksi kusen dan pintu masih terdapat hal yang kurang maksimal yakni pada material penyusunan dinilai kurang optimal. Hasil belajar peserta didik menggunakan media maket dengan berbagai model pembelajaran dari beberapa jurnal tersebut memberikan hasil belajar yang baik terhadap ketuntasan belajar peserta didik, bahkan pada penelitian yang dilakukan oleh Putro (2017) persentase hasil belajar peserta didik tuntas sebesar 100%. Sementara itu penelitian yang dilakukan oleh Gunawan (2019) mendapat persentase hasil belajar peserta didik tuntas paling rendah dari beberapa jurnal tersebut, yaitu sebesar 77,14%.

Kata Kunci: media maket, keterlaksanaan, hasil belajar.

 

ABSTRACT

From the results of observations and interviews with educators at SMK Negeri Kudu, that schools have not been able to optimize learning methods and media, so students are less interested in studying the material in question. then in order to increase student learning outcomes, appropriate teaching models and media are needed and one of them is mock-up media. This study aims to determine the feasibility, implementation, and learning outcomes of students on the use of mock-up media in building construction materials. This research method is literature review research. The source of the data was obtained from several research journals concerned with the use of mock-up media in building construction learning. The feasibility of mock-up media from some of the results of this study obtained valid categories and appropriate media to be used in the teaching and learning process. The implementation of educators and the learning process of students using mock-up media with various learning models from some of the results of these studies received very good criteria for teaching and learning activities. The highest percentage of learning implementation is research conducted by Huriyanto (2018), which is 96%. The results of research conducted by Gunawan (2019) on the material for drawing frame and door construction there are still things that are less than optimal, namely that the preparation material is considered less than optimal. Student learning outcomes using mock-up media with various learning models from several journals provide good learning outcomes for students' learning mastery, even in a study conducted by Putro (2017) the percentage of complete student learning outcomes is 100%. Meanwhile, research conducted by Gunawan (2019) found that the percentage of complete student learning outcomes was the lowest of the journals, which was 77.14%.Keywords: mock-up media, feasibility, learning outcomes.


Published
2022-01-04
Section
Articles
Abstract View: 143
PDF Download: 150