Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kanal-Balder (Kalkulator Analisa Balok Sederhana) untuk Pembelajaran Mekanika Teknik Kelas X DPIB di SMK Negeri 2 Surabaya

  • Ainun Tyas Mahmudah Universitas Negeri Surabaya
  • Suprapto Suprapto

Abstract

Kemunculan virus COVID-19 menyebabkan pendidikan di Indonesia harus dilaksanakan dengan cara Daring/online yang mengakibatkan lebih dari 75% hasil belajar Mekanika Teknik peserta didik tidak memenuhi KKM. Dalam rangka mengembangkan media pembelajaran berupa media pembelajaran interaktif serta mengetahui perubahan yang terjadi pada perolehan hasil belajar peserta didik setelah mengenal media pembelajaran interaktif Kanal-Balder pada mata pelajaran Mekanika Teknik kelas X DPIB SMK Negeri 2 Surabaya maka dilaksanakanlah penelitian ini. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk melihat layak tidaknya media pembelajaran interaktif Kanal-Balder serta hasil belajar yang diperoleh peserta didik setelah mengenal dan memakai media pembelajaran interaktif Kanal-Balder pada mata pelajaran Mekanika Teknik kelas X DPIB SMK Negeri 2 Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan desain R&D (Research and Development). Penelitiannya terdiri dari beberapa langkah diantaranya: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk. Sampel penelitiannya ialah peserta didik kelas X DPIB SMKN 2 Surabaya tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 36 peserta didik. Analisis data dilaksanakan dengan dua macam teknik berupa analisis kelayakan perangkat pembelajaran dan analisis hasil belajar. Penelitian yang telah dilakukan peneliti menunjukkan hasil bahwa : (1) Kelayakan perangkat pembelajaran pada hasil validasi dari 3 validator menyatakan skor rata-rata sebesar 85,7%, (2) Hasil uji coba kepada peserta didik menunjukkan ada peningkatan hasil belajar yang signifikan, semula yang memenuhi KKM hanya 25%, meningkat menjadi 55% setelah penerapan media interaktif Kanal-Balder. (3) Nilai Post test yang didapat peserta didik setelah menggunakan media Kanal-Balder adalah sebagai berikut: rata-rata nilai = 61,31, nilai tertinggi = 86, dan nilai terendah = 25.

Kata Kunci: Media interaktif Kanal-Balder, Mekanika Teknik.

The emergence of the COVID-19 virus caused education in Indonesia to be carried out online, which resulted in more than 75% of students’ learning outcomes in Mechanical Engineering not meeting the KKM. In order to develop learning media in the form of interactive learning media and to find out the changes that occur in the acquistion of student learning outcomes after getting to know the Kanal-Balder interactive learning media in the Engineering Mechanics class X DPIB SMK Negeri 2 Surabaya, this research was carried out. This research aims to see whether or not Kanal-Balder interactive learning media is feasible and the learning outcomes obtained by students after knowing and using Kanal-Balder interactive learning media in the Engineering Mechanics class X DPIB SMK Negeri 2 Surabaya. This research was conducted with an R&D (Research and Development) design. The research consists of several steps including: potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product testing. The research sample is class X DPIB SMK Negeri 2 Surabaya students for the 2021/2022 academic year, totaling 36 students. Data analysis was carried out with two kinds of techniques, namely feasibility analysis of learning devices and analysis of learning outcomes. The research that has been carried out by researches shows the results that: (1) The feasibility of learning devices on the validation results of 3 validators states an average score of 85.7%, (2) The results of testing on students show that there is a significant increase in learning outcomes, initially only 25% met the KKM, increasing to 55% after the implementation of Kanal-Balder interactive media, (3) Post test score obtained by students after using Kanal-Balder media are as follows: average value = 61.31, highest score = 86, and lowest score = 25.

Keywords : Kanal-Balder interactive media, Mechanical Engineering

Published
2021-12-20
Section
Articles
Abstract View: 101
PDF Download: 102