STUDI TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN SOFTWARE AUTOCAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Dini Novreamerti Nurlaili Universitas Negeri Surabaya
  • Hasan Dani

Abstract

Pada umumnya peserta didik sulit memahami kontruksi bangunan, sehingga perlunya dilakukan studi terhadap media Software AutoCAD sebagai alat bantu pemahaman peserta didik. Kriteria tuntas dalam belajar saat ini belum mencapai hasil yang baik. Hal ini mengindikasi bahwa pemahaman terhadap konstruksi bangunan sangat rendah. Tujuan studi ini untuk mengetahui (1) kelayakan Software AutoCAD sebagai media pembelajaran (2) peserta didik mendapat hasil belajar yang baik setelah diterapkan dengan media Software AutoCAD. Penggunaan metodenya adalah metode studi literatur. Metode studi literatur dengan cara akumulasi data riset relevan, mengkaji, meringkas dan menarik kesimpulan sehingga mendapati kelayakan pada media pembelajaran dan hasil pembelajaran peserta didik setelah menerapkan Software AutoCad. Kesimpulan dalam studi ini dapat diambil bahwa (1) penggunaan Software AutoCad sebagai media pembelajaran dinilai layak karena memenuhi segi efektifitas media dengan Software AutoCad yakni tujuan terkait dengan pemaparan kompetensi dasar, simulasi kebenaran konsep, komunikatif, jelas, menarik, mudah dipahami dengan tingkat evaluasi ≥ 61% hingga 100% dengan kualitas baik hingga sangat baik, (2) Software AutoCAD sebagai alat bantu belajar yang lebih baik dalam peningkatkan hasil belajar. Hal tersebut dikarenakan telah memenuhi kelayakan media dan hasil uji coba media. Hasil menunjukkan bahwa setelah menerapkan media pembelajaran software AutoCAD hasil belajar peserta didik dapat meningkat.

Kata kunci : AutoCAD, Hasil Belajar, Media Pembelajaran

In general, students find it difficult to understand building construction, so it is necessary to study the Autocad Software media as a tool for students' understanding. The criteria for complete learning at this time have not achieved good results. This indicates that the understanding of building construction is very low. The purpose of this study is to determine (1) the feasibility of AutoCAD Software as a learning medium (2) students get good learning outcomes after being applied with AutoCAD Software media. The method used is the literature study method. The technique of this method is the accumulation of relevant research data, reviewing, summarizing and drawing conclusions so as to find the feasibility of learning media and student learning outcomes after applying AutoCad Software. The conclusions in this study can be drawn that (1) the use of AutoCad Software as a learning media is considered feasible because it meets the effectiveness of the media with AutoCad Software, namely the objectives related to the presentation of basic competencies, simulating the truth of concepts, communicative, clear, interesting, easy to understand with an evaluation level. 61% to 100% with good to very good quality, (2) AutoCAD software as a better learning tool in improving learning outcomes. This is because it has met the feasibility of the media and the results of media trials. The results show that after applying the AutoCAD software learning media, the learning outcomes of students can increase.

.Keywords : AutoCAD, Learning Outcomes, Learning Media

Published
2021-12-20
Section
Articles
Abstract View: 210
PDF Download: 538