EFEKTIVITAS MODEL DAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI MENGGAMBAR KONSTRUKSI DENGAN PERANGKAT LUNAK

  • Nurul Fadilah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Kesulitan belajar dalam menggambar konstruksi dengan perangkat lunak AutoCAD menjadi permasalahan yang menghambat peserta didik untuk mencapai ketuntasan hasil belajar. Relevansi yang cukup kuat pada kompetensi keahlian menggambar konstruksi dengan perangkat lunak terhadap kebutuhan kompetensi sebagai drafter, mendorong peserta didik untuk mencapai ketuntasan hasil belajar. Penggunaan model dan media pembelajaran yang tepat, diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model dan media pembelajaran yang efektif pada kompetensi menggambar konstruksi dengan perangkat lunak. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive, sehingga diperoleh 9 jurnal penelitian terdahulu yang relevan. Analisis keefektifan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan effect size setelah melakukan pemberian kode pada jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif memiliki efektivitas paling tinggi dengan perolehan  effect size sebesar 0,918. Tingkat efektivitas model pembelajaran adalah sebagai berikut: pembelajaran kooperatif  lebih tinggi daripada model pembelajaran langsung, dan model pembelajaran langsung lebih efektif daripada model pembelajaran berbasis  masalah. Media pembelajaran yang paling efektif terhadap Kompetensi Menggambar Konstruksi dengan Perangkat Lunak adalah media model/miniatur dengan perolehan effect size sebesar 0,956. Tingkat efektivitas media pembelajaran adalah sebagai berikut: media model/maket lebih tinggi daripada media cetak, media cetak lebh efektif daripada media visual 3D, media visual 3D lebih efektif daripada media audiovisual, dan media audiovisual lebih efektif daipada media interaktif.

Kata Kunci: kesulitan belajar, efektivitas, model dan media pembelajaran, menggambar konstruksi dengan perangkat lunak, meta analisis, effect size.

Abstract

The learning difficulties in drawing construction with autocad software are a problem that prevents learners from reaching the point of completion. That strong enough relevance to the competence of drawing construction skills with the software to the competence needs as drafter, encourages learners to achieve the desired results. Proper use of modeling and media learning, is expected to address the problem. The research aims to know effective models and learning media at competence drawing construction with software. The research uses the meta method of analysis. Selection of samples was conducted with impressive sampling techniques, and thus obtained nine previous research journals that were relevant. The effectiveness of learning analysis is made by use of an effect size after it has been coded to the journal. Research shows that cooperative learning models have the highest effectiveness with an effect size of 0.918. The level of effective learning models is as follows: cooperative learning is higher than direct learning models, and direct learning models are more effective than problem based learning models. The most effective study media on competence for drawing construction with software is a model media with an effect size of 0.956. The extent of learning media effectiveness is as follows: model/ maketh media is higher than print media, lebra presses are effective than 3D visual media, 3D visual media is more efficient than audiovisual media, and audiovisual media is more effective than interactive media.

Keywords:  learning  difficulties,  effectiveness,  learning  models  and  media,  drawing  construction  with software, meta analysis,an  effect size.

Published
2022-01-03
Section
Articles
Abstract Views: 361
PDF Downloads: 281