Meta-Analisis Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Desain Pemodelan & Informasi Bangunan

  • Muhammad Barron Ramadhan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Proses belajar mengajar menggunakan media animasi merupakan upaya untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Kurangnya pengunaan media pembelajaran pada mata pelajaran yang sulit, membosankan, dan padat teori menyebabkan peserta didik gaduh serta tidak mendengarkan penjelasan selama dilakukanya  kegiatan belajar mengajar. Penggunaan media pembelajaran efektif, dan efisien memiliki peran dalam membantu  kegiatan belajar mengajar, guna meningkatkan hasil belajar. Hasil survey dari jurnal relevan, menyatakan bahwa penurunan hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media animasi terhadap hasil belajar peserta didik Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Metode penelitian yang digunakan adalah Meta-analisis, data penelitian yang digunakan adalah penelitian terdahulu yang di dapatkan dari Google Scholar, Jurnal online JKPTB Universitas Negeri Surabaya. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah effect size, dari sample sebanyak 7 (tujuh) jurnal penelitian yang relevan dengan penggunaan media animasi pada hasil belajar peserta didik desain pemodelan dan informasi bangunan. Hasil penelitian didapat bahwa, media pembelajaran animasi mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik DPIB dengan hasil effect size terbesar pada media animasi powerpoint, model pembelajaran Drill and Practice, dan mata pelajaran Mekanika Teknik.

Kata kunci : animasi, effect size, media pembelajaran, meta-analisis

Author Biography

Muhammad Barron Ramadhan, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Pendidikan Teknik Bangunan

Published
2022-05-17
Section
Articles
Abstract View: 44
PDF Download: 26