Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Dengan Media Wondershare Quiz Creator (Pada Materi Pekerjaan Konstruksi Tanah Kelas X DPIB)

  • Wahdan Ali Suhardi Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Dwi Mulyono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Cara belajar aktif merupakan ciri khas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pembelajaran yang dilaksanakan dengan penerapan cara belajar aktif ini dapat memicu siswa untuk berinisiatif, menemukan pokok materi, pemecahan masalah, dan pengaplikasiannya ke permasalahan konkret. Upaya peningkatan hasil belajar yang dapat diterapkan adalah dengan melakukan pengembangan pembelajaran tipe kooperatif Team Games Tournament (TGT). Metode pembelajaran ini dilaksanakan dengan melibatkan media Wondershare Quiz Creator. Adapun tujuan Penelitian ini adalah seperti berikut. (1) mengetahui hasil belajar peserta didik pada kelas control; (2) mengetahui hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen; dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas kontrol dengan eksperimen. Metode yang dilaksanakan adalah Experimental Quotient dengan rancangan post-test only design with non-equivalent group. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 2 Bangkalan dengan sasaran kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang terlibat adalah siswa kelas X DPIB A berjumlah 18 siswa dan X DPIB B berjumlah 17 siswa. Hasil pada penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) metode pembelajaran TGT dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional; (2) Kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TGT menunjukkan rata-rata hasil belajar 90,83 sedangkan kelas kontrol sebesar 85,27; (3) Uji hipotesis pada penelitian ini adalah untuk menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,008 dimana nilai tersebut dibawah 0,05. Hasil tersebut menandakan Ha diterima atau terdapat perbedaan hasil belajar yang sangat signifikan antara pembelajaran dengan model TGT dan konvensional.

Published
2022-06-06
Section
Articles
Abstract View: 37
pdf Download: 46