KORELASI MINAT BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN

  • Hafidz Firmansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Gde Agus Yudha Prawira Adistana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Maraknya penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) menyebabkan terganggunya proses belajar mengajar. Pemerintah memberlakukan aturan pembelajaran dalam jaringan (daring) pada seluruh sekolah untuk meminimalisir penyebaran virus corona di dunia pendidikan. Namun hal tersebut dinilai kurang relevan bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memerlukan kegiatan praktik untuk mendukung pengetahuan teori dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini, model pembelajaran kombinasi campuran dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) atau model pembelajaran blended learning diterapkan bagi siswa SMK. Pembelajaran blended learning ini mempengaruhi minat belajar dan hasil belajar yang berbeda bagi setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa SMK dalam pembelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan menggunakan blended learning dan korelasinya dengan hasil belajar mereka. Pada penelitian ini, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Total peserta dalam penelitian sebanyak 31 siswa kelas XII DPIB SMKN 2 Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Instrumen penelitian yang digunakan yakni berupa angket tertutup dari minat belajar siswa menggunakan Skala Likert 5 poin dan hasil belajar siswa SMK menggunakan blended learning dalam pembelajaran konstruksi jalan dan jembatan. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan SPSS 25.0 dengan teknik analisis Pearson Product Moment dan dengan metode deskriptif statistik. Hasil analisis deskriptif statistik menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki minat belajar yang positif menggunakan blended learning dalam pembelajaran konstruksi jalan dan jembatan dengan rata-rata 3.94. Hasil analisis product moment menunjukkan bahwa terdapat adanya korelasi antara minat belajar siswa dengan hasil belajar menggunakan blended learning dalam pembelajaran konstruksi jalan dan jembatan menunjukkan nilai r hitung sebesar 0.936 dengan taraf signifikansi 0.05 dan r tabel 0.355, serta koefisien korelasi data yakni 0.15 {r hitung ≥ r tabel (0.936 ≥ 0.355)}. Semakin tinggi minat belajar siswa maka semakin tinggi nilai hasil belajar siswa.

Published
2022-08-11
Section
Articles
Abstract Views: 117
PDF Downloads: 76