PENERAPAN HANDOUT PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DI SMKN 1 SIDOARJO

  • Yuni Tri iswandari Irmachmud universitas negeri surabaya
  • Nurmi Frida Dorintan Pakpahan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan : 1) hasil belajar siswa pada penerapan handout,   2) kegiatan belajar siswa menggunakan handout, dan 3) kegiatan guru mengajar secara daring. Subyek penelitian kelas X1 DPIB 2 yang berjumlah 36 siswa pada mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan di SMKN 1 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini mengacu pada rancangan model Kemmis & Taggart yang menggunakan sistem spiral refleksi diri yang dimulai dengan : (1) tahapan perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan secara daring antara siswa dan guru di saat pandemi Covid-19 berlangsung. Penelitian ini menggunakan handout yang mendukung proses belajar mengajar. 

Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh sebanyak 14 siswa tuntas atau sebesar 39% dan 22 siswa tidak tuntas atau 61%.  Bahwa hasil belajar siswa pada siklus II diperoleh sebanyak 31 siswa tuntas sebesar 86% dan 5 siswa tidak tuntas sebesar 14%. Hasil belajar siswa pada siklus I mendapatkan nilai rerata 70,97%. Sedangkan pada silkus 2 hasil belajar siswa sebesar 83.19% . Telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil kegiatan belajar siswa pada siklus I mendapatkan nilai dengan rerata 67,21%, sedangkan pada siklus II sebesar 75,77%. Telah terjadi peningkatan sebesar 6%. Pada kegiatan guru mengajar mendapatkan nilai rerata pada siklus I sebesar 11,5%. Pada siklus II mendapatkan nilai 14%. Telah terjadi peningkatan sebesar 2,5%  pada kegiatan guru mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan.

 

Kata Kunci : Handout, hasil belajar siswa, kegiatan belajar siswa, dan kegiatan guru mengajar

Published
2022-08-05
Section
Articles
Abstract Views: 157
PDF Downloads: 171