STUDI LITERATURE TERHADAP PERSONALIZED SYSTEM OF INSTRUCTION DAN MEDIA 3D SKETCHUP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA

  • Risvan dhana Universitas Negeri Surabaya
  • Hasan Dani

Abstract

Metode pembelajaran merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan dari sebuah pembelajaran yang telah disusun. Namun hasil dari observasi di sekolah, kegiatan belajar mengajar masih menggunakan metode ceramah dan masih menggunakan media pembelajaran 2D sehingga peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami beberapa mata pelajaran tertentu. Dalam jurusan teknik sipil, terdapat mata pelajaran tertentu yang membutuhkan metode pembelajaran khusus. Salah satunya adalah mata pelajaran menggambar bangunan konstruksi. Selain harus menggunakan visualisasi lebih lanjut, mata pelajaran tersebut bisa denganmudah dipahami apabila terdapat seorang tutor sebaya atau guru yang memberikan pembelajaran diluar jam belajar di kelas.  Maka untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, dibutuhkan adanya model pembelajaran PSI dan media pembelajaran SketchUp 3D yang bisa membantu memudahkan peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar di kelas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar PSI, kelayakan media SketchUp 3D dan hasil belajar menggunakan media pembelajaran 3D Sketchup. Metode penelitian ini menggunakan penelitian Literature Review dengan mereview data hasil beberapa jurnal yang relevan dengan penelitian tersebut.

Hasil belajar dari model pembelajar PSI dari beberapa data jurnal penelitian sebelumnya menunjukan baik, salah satunya hasil penelitian dari Melinda (2014) hasil belajar dengan model pembelajaran PSI mencapai 86,3% dibandingkan dengan pembelajaran konvensional mencapai 46%, maka bisa disimpulkan bahwa model pembelajaran PSI mendapatkan nilai yang baik dan bisa diterapkan pada mata pelajaran menggambar bangunan konstruksi. Hasil Kelayakan media pembelajaran 3D Sketchup  yang didapat pada data jurnal sebelumnya memenuhi kategori Sangat Layak serta dapat digunakan dalam proses belajar mengajar, hal ini diperoleh oleh Krisdianto (2019) dengan materi menggambar dengan perangkat lunak mendapatkan presentase kelayakan media mencapai tertinggi 93,33% sedangkan presentase yang diperoleh Imam Busrol (2018) dengan materi menggambar potongan atap hanya mendapatkan terendah 81%. Hasil belajar yang dilakukan oleh Syambada (2020) mendapatkan hasil belajar yang dengan presentase rata-rata 84,86% dengan ketuntasan peserta didik sebesar 100%.

Published
2022-08-01
Section
Articles
Abstract Views: 85
PDF Downloads: 116