PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN E-HANDOUT PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH
Abstract
Abstrak
Pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah di SMK Negeri 1 Jenangan menggunakan pola interaksi pembelajaran antara guru dengan peserta didik dalam bentuk ceramah. Pembelajaran berbentuk ceramah dalam menyampaikan materi di kelas menggunakan bantuan media papan tulis, LCD proyektor, dan powerpoint untuk menunjang penjelasan yang disampaikan kepada peserta didik. Namun penggunaan media tersebut kurang efektif apabila diterapkan pada mata pelajaran ini, dimana peserta didik mengalami kesulitan memahami penjelasan guru. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran berupa silabus dan RPP, media E-Handout, serta angket respon, dan (2) Mengetahui respon/tanggapan dari peserta didik mengenai pembelajaran menggunakan E-Handout. Penelitian pengembangan E-Handout memilih model 4D. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa : (1) Perangkat pembelajaran silabus mendapatkan angka validasi sebesar 90% dengan dikategorikan sangat baik, perangkat pembelajaran RPP mendapatkan angka validasi sebesar 88,50% dengan dikategorikan sangat baik, media E-Handout mendapatkan angka validasi sebesar 90% dengan dikategorikan sangat baik, dan angket respon peserta didik mendapatkan angka validasi sebesar 90% dengan dikategorikan sangat baik, (2) Respon peserta didik terhadap media yang digunakan yaitu E-Handout mendapat nilai sebesar 80,10% yang dikategorikan sangat baik. Sehingga media pengembangan berupa E-Handout layak digunakan untuk proses pembelajaran peserta didik.
Kata Kunci : E-Handout, Validasi Media, Respon Peserta Didik
PDF Downloads: 364