Literatur Review Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Rotating Trio Exchange Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik

  • Ilham Nur Akbar Universitan Negeri Surabaya
  • Feriza Nadiar

Abstract

Proses pendidikan siswa yang menciptakan kesesuaian suasana belajar mengajar sebagaimana keinginan para anak didik adalah prioritas, hal itu harus dikedepankan tetapi juga harus menganalisisapakah pembelajaran tersebut dapat mengangkat perolehan hasil belajar peserta didik atau tidak. Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran yang paling berkembang saat ini, karena model pembelajaran kooperatif dapat menciptakan kondisi-kondisi tertentu yang memotivasi dan menyebabkan siswa ikut aktif dalam pembelajaran. Peningkatan aktivitas positif di dalam kelas akan memicu peningkatan prestasi belajar siswa. Seiring perkembangan dunia pendidikan telah ada berbagai jenis model pembelajaran kooperatif, salah satu di antaranya adalah Rotating Trio Exchange. Berdasarkan hasil analisis dari ke 5 (lima) jurnal dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif Rotating Trio Exchange mendapatkan nilai sangat layak yaitu dari persentase 81%-90%. Hasil penilaian di dalam penelitian ini meliputi aspek keterampilan (psikomotor) dengan nilai tertinggi 97%. Didapat  hasil belajar berupa rekapitulasi dengan rata-rata peningkatan sebanyak 31,33. Dan nilai peningkatan tertinggi yaitu Reni Kustanti (2017) dengan nilai 80,07.

Published
2022-08-05
Section
Articles
Abstract Views: 135
PDF Downloads: 119