PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL INTERAKTIF PADA MATERI RANGKA BATANG DI SMK NEGERI 5 SURABAYA

  • Muhammad Khoirul Fikri Universitas Negeri Surabaya
  • Mochammad Firmansyah Sofianto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Salah satu dampak pandemi dibidang pendidikan adalah merubah sistem belajar mengajar luring menjadi daring. Hal ini
menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik untuk bisa membuat inovasi dalam pembelajaran, agar pelajaran yang
disampaikan dapat diserap dengan mudah oleh peserta didik. Salah satu inovasi yang banyak dikembangkan di era pandemi
adalah pengembangan bahan ajar e-modul interaktif yang dapat dibuka peserta didik kapan saja dan dimana saja. Penelitian
pengembangan ini bertujuan memperoleh data kelayakan/kevalidan perangkat dan bahan ajar serta mengetahui respon peserta
didik pada bahan ajar e-modul interaktif pada mata pelajaran mekanika teknik materi rangka batang di SMKN 5 Surabaya. Model
penelitian ini berpatokan pada model Plomp dengan tahap pelaksanaan yaitu investigasi awal, design, realisasi/kontruksi,
validasi, uji coba, dan revisi. Data dikumpulkan melalui dua metode : wawancara dan angket validasi tingkat kelayakan silabus,
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan respon peserta didik. Data hasil validasi yang diperoleh dalam penelitian ini
yaitu: 1. silabus dengan skor rata-rata 86,94% kriteria sangat valid. 2. RPP dengan skor rata-rata 86,25% kriteria sangat valid, 3.
e-modul interaktif dengan skor rata-rata 84,4% kriteria sangat valid. Hasil data respon peserta didik kelas X KGSP SMKN 5
Surabaya diketahui hasil perhitungan aspek rasa senang yaitu 91,30%, rasa berminat 87,71% yang artinya sangat setuju,
aspek keaktifan 87,50% yang artinya sangat setuju, aspek keseriusan 88,26% yang artinya sangat setuju, aspek kemudahan
91,41% yang artinya sangat setuju, dan aspek ketertarikan 90,00% yang artinya sangat setuju. Dari data hasil angket tersebut
maka respon peserta didik terhadap e-modul interaktif sangat baik untuk diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar.

Published
2022-08-18
Section
Articles
Abstract Views: 488
PDF Downloads: 747