PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI 3D MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMKN 7 SURABAYA

  • Millennia Tsamarah Universitas Negeri Surabaya
  • Krisna Dwi Handayani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Media Handout 2D menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran Gambar Teknik dinilai kurang efektif, karena persentase ketuntasan hasil belajar diatas KKM hanya 30%, sehingga muncul pemikiran untuk menerapkan media pembelajaran Video Animasi 3D menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Gambar Teknik di SMKN 7 Surabaya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan perbedaan hasil belajar.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian True Experiment atau penelitian nyata. Sampel penelitian ini siswa kelas X DPIB 1 SMKN 7 Surabaya berjumlah 38 siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis keterlaksanaan dengan menghitung persentase keterlaksanaan pembelajaran, analisis hasil belajar dengan menghitung persentase nilai ketuntasan diatas KKM, homogenitas menggunakan uji-F dan hipotesis menggunakan uji-t.

  Hasil penelitian ini menyatakan keterlaksanaan penerapan media pembelajaran video Animasi 3D menggunakan model PBL terlaksana dengan sangat baik mendapatkan persentase rata-rata 92,34% dan uji hipotesis keterlaksanaan menyatakan “Penerapan pembelajaran menggunakan media Video Animasi 3D dengan model pembelajaran PBL pada mata pelajaran Gambar Teknik di SMKN 7 Surabaya terlaksana dengan baik”. Hasil belajar siswa kelas X DPIB 1 mendapatkan persentase ketuntasan 94,74%, sedangkan persentase ketuntasan kelas X DPIB 2 29,73%. Hasil uji homogenitas dinyatakan populasi  yang digunakan homogen dan  uji hipotesis hasil belajar dinyatakan “Ada perbedaan hasil belajar antara kelas X DPIB 1 dan X DPIB 2 setelah penerapan media pembelajaran Video Animasi 3D dengan menggunakan model PBL pada kelas DPIB 1”. Media pembelajaran Video Animasi 3D dengan menggunakan model PBL dinyatakan efektif untuk diterapkan.

Kata Kunci: Media Video Animasi 3D, Problem Based Learning, Gambar Teknik.

Published
2022-08-22
Section
Articles
Abstract Views: 505
PDF Downloads: 440