Validitas Perangkat Pembelajaran Berbantuan Media Software SketchUp pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di SMKN 1 Kemlagi

  • Maulidyah Firdausa Huda Universitas Negeri Surabaya
  • Heri Suryaman Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Media pembelajaran berguna sebagai sumber belajar yang membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa dan memudahkan terjadinya proses belajar. Media yang cukup familier digunakan oleh siswa Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) adalah software SketchUp. Software ini merupakan program yang dirancang untuk membuat permodelan 3 dimensi dari gambar 2 dimensi arsitektur, interior dan eksterior dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran software SketchUp. Penelitian ini dilakukan menggunakan penelitian jenis Research and Development dan hanya dilakukan hingga tahap validasi produk. Data penelitian didapatkan melalui instrumen penilaian berupa angket kuisioner validasi kepada dosen dan guru pengampu mata pelajaran. Penilaian angket mempunyai 5 kategori skor penilaian, yakni (1) sangat tidak layak, pada skor 0%-20%; (2) tidak layak, pada skor 21%-40%; (3) cukup, pada skor 41%-60%; (4) layak, pada skor 61%-80%; dan (5) sangat layak, pada skor 81%-100%. Hasil validasi perangkat pembelajaran yang berupa silabus, mendapatkan persentase total 82,86% dengan kategori sangat layak. Untuk validasi perangkat pembelajaran RPP diperoleh persentase total 80,48% dengan kategori layak untuk diterapkan. Kedua perangkat pembelajaran yang dibuat mendapat predikat sangat layak untuk diterapkan di dalam mata pelajaran estimasi biaya konstruksi dengan materi pemasangan pondasi batu kali. Hasil validasi media pembelajaran menggunakan software SketchUp dikategorikan sangat layak dengan hasil rata-rata validasi adalah 78,89%.

 

Kata Kunci: kelayakan, media pembelajaran, software SketchUp.

Published
2022-08-22
Section
Articles
Abstract Views: 182
PDF Downloads: 183