PENGEMBANGAN MEDIA MODUL DAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA MATERI PERHITUNGAN VOLUME PEKERJAAN KONTRUKSI GEDUNG

  • Deva Bagas Prasetya Universitas Negeri Surabaya
  • Gde Agus Yudha Prawira Adistana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pada kegiatan pembelajaran, media modul adalah salah satu media untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada siswa serta sebagai bahan ajar yang dapat dipelajari secara mandiri dan  model pembelajaran inquiry dianggap sebagai solusi untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengembangan media modul pembelajaran materi perhitungan volume pekerjaan kontruksi gedung kelas XI SMKN 1 Tuban, dan (2) mendeskripsikan pengembangan media modul dan model pembelajaran inquiry pada materi perhitungan volume pekerjaan kontruksi gedung kelas XI SMKN 1 Tuban. Metode yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan prosedur ADDIE. (1) Pengembangan modul dengan materi perhitungan volume pekerjaan kontruksi yang dikembangkan sesuai kebutuhan para siswa yang membutuhkan bahan belajar lebih atraktif dengan modul, dalam bentuk virtual atau e-book. Hasil pada penelitian pengembangan modul mendapatkan kategori “baik” dengan presentase 85% dan 75% dari dua validator, serta diperkuat dengan hasil angket respon siswa mendapatkan presentase 79%. (2) Modul yang diterapkan serta metode inquiry berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan nilai pretest dan posttest, terdapat peningkatan rata-rata nilai siswa hingga 23,75%. Hasil ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan layak untuk digunakan baik dalam pembelajaran di kelas maupun untuk belajar secara mandiri oleh siswa.

Kata Kunci: inquiry, modul, pengembangan, penerapan.

  

 

Published
2022-10-03
Section
Articles
Abstract Views: 279
PDF Downloads: 259