Pengembangan Media Pembelajaran Animasi menggunakan Power Point pada Kompetensi Perhitungan Volume Pekerjaan Pondasi

  • Uci Maulidya Dwi Lestari Universitas Negeri Surabaya
  • Heri Suryaman Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini mengacu pada kegiatan pembelajaran pada era pandemi dimana dibutuhkan media pembelajaran yang layak dan dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran. Dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran yang layak sehingga dapat meningkatkan  minat dan daya paham siswa dalam memahami materi di era pembelajaran daring saat pandemi. Metode penelitian pengembangan yang diaplikasikan pada penelitian ini adalah Research and Development yang dimodifikasi menjadi delapan tahapan pengembangan, yaitu: (1) Potensi dan masalah; (2) Mengumpulkan informasi; (3) Pengembangan model; (4) Validasi desain; (5) Revisi desain; (6) Uji coba terbatas; (7) Revisi produk; (8) Uji coba lebih luas. Hasil uji validitas untuk perangkat pembelajaran dilakukan sebanyak dua kali dengan instrumen lembar validasi. Hasil validasi pertama memperoleh kategori baik sedangkan hasil untuk validasi perangkat yang kedua memperoleh kategori sangat baik. Penelitian ini dilakukan selama dua minggu di SMKN 3 Surabaya dengan satu kelas XI jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan dimana diberlakukan dua kali proses pengujian produk Media Pembelajaran dengan jumlah sample yang berbeda untuk tahap uji coba terbatas dan uji coba lebih luas. Uji coba dilaksanakan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar respon siswa. Hasil kuisioner respon siswa pada uji coba terbatas tergolong dalam kategori baik dan pada uji coba lebih luas tegolong dalam kategori sangat baik. Perolehan hasil dari pengembangan Media Pembelajaran animasi menggunakan Power Point pada perhitungan volume pekerjaan pondasi jenis batu kali dapat dikatakan layak untuk digunakan dan mampu diimplementasikan. 

Published
2022-09-05
Section
Articles
Abstract Views: 215
PDF Downloads: 636