PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR MENGGUNAKAN SKETCHUP PADA MATA PELAJARAN SISTEM UTILITAS BANGUNAN GEDUNG KELAS XII KGSP SMK NEGERI 5 SURABAYA.

  • Luys Winda Dianti Universitas Negeri Surabaya
  • Heri Suryaman

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) menerapkan media pembelajaran berbasis video tutorial
pada mata pelajaran sistem utilitas bangunan gedung khususnya pada materi sistem instalasi pipa air
bersih; (2) untuk menguji kevalidan; (3) menguji keefektifan media pembelajaran berbasis video tutorial.
Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian eksperimental One Shot Case Study tahapnya
penerapan terdiri dari mulai, observasi, pembuatan media, perangkat dan instrumen, validasi, revisi
desain, penerapan 1 dan penerapan 2, analisis, kesimpulan hasil penelitian, selesai. Instrumen yang
digunakan berupa soal post test untuk mengukur kemampuan ranah kognitif, lembar penilaian
pengamatan sikap, rubrik sebagai sikap spiritual serta penilaian sikap sosial sebagai ranah afektif, lembar
penilaian kinerja dan lembar penilaian kinerja ranah psikomotorik. Penelitian ini menggunakan subjek
penerapan siswa kelas XII KGSP SMK Negeri 5 Surabaya. Pada penelitian ini diterapkan media
pembelajaran menggunakan media video sketchup pada materi menggambar saluran air bersih. Didapatkan
data yang meliputi hasil validasi serta perbaikan dengan diperoleh nilai rata-rata 82,69 dari hasil belajar
peserta didik. Dari jumlah siswa kelas XII 2 KGSP SMK Negeri 5 Surabaya sebanyak 31 hanya terdapat
26 jawaban dikarenakan ada siswa yang tidak hadir. Sehingga pada penerapan media pembelajaran
berbasis video tutorial ini dianggap lebih efektif karena siswa lebih paham cara menggambar sistem
instalasi pipa air bersih.

Published
2022-09-09
Section
Articles
Abstract Views: 132
PDF Downloads: 325