STUDI LITERATUR TENTANG PENERAPAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR AUTOCAD 2D

  • Talitha Febriana Nur Rahmah Universitas Negeri Surabaya
  • Hendra Wahyu Cahyaka Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Media pembelajaran merupakan hal terpenting yang dapat mempengaruhi proses belajar mengajar, terlebih lagi dalam pelajaran menggambar AutoCAD. Peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran yang diberikan oleh pendidik, maka dibutuhkan media pendukung pembelajaran yang lebih menarik serta menambah motivasi belajar seperti video tutorial untuk mempermudah peserta didik serta pendidik pada proses belajar mengajar. Penelitian ini menerapkan pendekatan tinjauan pustaka atau studi literatur untuk melakukan analisis terhadap lima jurnal yang telah diterbitkan sebelumnya dengan judul yang relevan. penelitian ini akan membahas sejumlah mata pelajaran yang terkait dengan penggunaan video pembelajaran dikelas, seperti kelayakan media pembelajaran, reaksi siswa, dan hasil pembelajaran bagi siswa. Temuan penelitian tentang pendidikan berbasis penggunaan media video tutorial oleh Kurniawan (2012), Jawami (2014), Andriawan (2015), Nashiruddin (2018), dan Muhtar (2021) dari hasil kelayakan media pembelajaran mengungkapkan hasil yang sangat menjanjikan. Hasil respon peserta didik mengungkapkan hasil yang sangat layak . Selain itu terdapat bukti peningkatan hasil belajar peserta. Hasil dari penerapan media video tutorial ini dapat disimpulkan efektif sehingga disarankan untuk digunakan.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, AutoCAD, Video tutorial. 

Published
2022-11-02
Section
Articles
Abstract Views: 202
PDF Downloads: 175