PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 3D SKETCHUP PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DI SMK N 1 TUBAN

  • Zahrotur Rizki Adila Universitas Negeri Surabaya
  • Mas Suryanto HS Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Materi perhitungan volume pekerjaan pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dianggap sulit oleh peserta didik. Kurangnya kemampuan peserta didik dalam memvisualisasikan gambar detail mengakibatkan adanya kesulitan dalam menghitung volume pekerjaan. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran 3D Sketchup yang dapat memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memvisualisasikan gambar 2D ke gambar 3D. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran, kelayakan media 3D Sketchup, dan respon peserta didik terhadap media 3D Sketchup. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran angket. Angket validasi perangkat pembelajaran dan media diisi oleh validator yakni dosen Universitas Negeri Surabaya dan guru pengampu mata pelajaran EBK SMKN 1 Tuban. Angket respon peserta didik diisi oleh peserta didik kelas DPIB 1 dan DPIB 2 SMKN 1 Tuban. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini menunjukkan rata rata persentase hasil validasi silabus dan RPP mendapatkan 85% dengan kategori sangat layak digunakan. Hasil validasi media 3D Sketchup mendapatkan persentase rata rata 80% dengan kategori layak digunakan pada saat proses pembelajaran. Hasil angket respon peserta didik terhadap media 3D Sketchup mendapatkan persentase rata rata 80,15% dengan kategori kuat. Respon yang dihasilkan peserta didik menunjukkan bahwa media 3D Sketchup dapat memberikan ilustrasi yang sama seperti di lapangan, sehingga membuat peserta didik termotivasi dalam mempelajari materi perhitungan volume pekerjaan.

Kata Kunci: media 3D Sketchup, perangkat pembelajaran, respon peserta didik

 

The material for calculating the volume of work on the subject of Construction Cost Estimation is considered difficult by students. The lack of students' ability to visualize detailed images results in difficulties in calculating the volume of work. This study develops 3D Sketchup learning media that can provide convenience for students in visualizing 2D images to 3D images. The purpose of this study is to determine the feasibility of learning tools, the feasibility of 3D Sketchup media, and the response of students to 3D Sketchup media. The type of research used is research and development (R&D). Data collection is done by distributing questionnaires. The validation questionnaire for learning devices and media was filled out by validators, namely lecturers from the State University of Surabaya and teachers in charge of EBK subjects at SMKN 1 Tuban. Student response questionnaires were filled out by students of class DPIB 1 and DPIB 2 at SMKN 1 Tuban. The results obtained in this study indicate the average percentage of syllabus and lesson plans validation results get 85% with the category very suitable for use. The results of the 3D Sketchup media validation get an average percentage of 80% with the category suitable for use during the learning process. The results of the student response questionnaire to 3D Sketchup media get an average percentage of 80.15% with a strong category. The responses generated by students show that 3D Sketchup media can provide the same illustrations as in the field, thus making students motivated in learning the material for calculating the volume of work.

Keywords: 3D Sketchup media, learning tools, student response

Published
2022-11-16
Section
Articles
Abstract Views: 158
PDF Downloads: 232