PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MODEIA SKETCHUP PADA MATERI PONDASI TELAPAK

  • Munyawa Bangun Surya Dinata Universitas Negeri Surabaya
  • Heri Suryaman

Abstract

Pembelajaran merupakan sebuah tahapan kooperatif antara pendidik selaku fasilitator serta siswa aktif dengan menggunakan aset yang ada untuk mempelajari suatu hal. Tiap ilustrasi akan selalu berbeda-beda sesuai pada sasaran, topik, dan kualitas mahasiswa selaku subjek studi. Maka berdasarkan hal tersebut, pendidik hendaknya merancang pembelajaran secara hati-hati selaku komponen kewajiban ahli pembelajar. Metode penilaian artikel ini dilakukan dengan studi literatur terhadap beberapa hasil penelitian terdahulu. Data yang diambil berupa hasil kelayakan dan hasil belajar siswa dari beberapa artikel atau jurnal. Kemudian, dilakukan peninjauan kembali untuk mengetahui hasil perbandingan antara persentase kelayakan dan perolehan hasil belajar dari kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam penggunaan media SketchUp dari beberapa hasil penelitian artikel atau jurnal. Tujuan penelitian berikut guna memutuskan apakah model pembelajaran tipe Numbered Head Together mampu lebih mengembangkan hasil belajar peserta didik pada kompetensi dasar Konstruksi Bangunan. Berdasarkan rapor pendidik semester genap 2021/2022, terdapat 37% siswa yang mencapai nilai diatas KKM dan 63% siswa yang belum meraih nilai di atas KKM. Hasil penelitian menunjukan melalui penggunaan model pembelajaran tipe Numbered Head Together menggunakan media SketchUp mendapat rerata diatas KKM, hal ini ditunjukan dari tabel pemenuhan pembelajaran siswa serta hasil perhitungan tes deskriptif (Uji Pihak Kanan). Faktor yang membantu peningkatan hasil belajar siswa adalah validitas perangkat serta istrument ujian yang sudah diuji dan hasil telah ditentukan dengan menggunakan uji validitas product moment.

 

Kata Kunci: Numbered Head Together, Model Pembelajaran, SketchUp

Published
2022-11-30
Section
Articles
Abstract Views: 98
PDF Downloads: 75