PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP PERSTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DI JURUSAN BKP KELAS XI SMK NEGERI 1 TUBAN DI MASA TRANSISI COVID-19

  • Ahmad Nur Kholis Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Dwi Mulyono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kebiasaan belajar siswa jurusan BKP kelas XI SMK Negeri 1 Tuban pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi, (2) prestasi belajar siswa jurusan BKP kelas XI SMK Negeri 1 Tuban pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi, (3) pengaruh kebiasaan belajar siswa jurusan BKP kelas XI SMK Negeri 1 Tuban terhadap prestasi belajar mata pelajaran estimasi biaya konstruksi. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan BKP sebanyak 35 siswa. Dengan diambil sampel penelitian sebanyak 29 siswa menggunakan metode proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup, dan dokumentasi untuk memperoleh nilai. Analisis data dilaksanakan menggunakan analisis deskriptif dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kebiasaan belajar siswa termasuk dalam kategori yang tergolong rendah dengan presentase terbanyak yaitu 48,28%, (2) prestasi belajar siswa termasuk dalam kategori rendah dengan presentase terbanyak yaitu 51,72%, (3) kebiasaan belajar siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa jurusan BKP SMK Negeri 1 Tuban berdasarkan thitung = 5,292 > ttabel = 2,0518.

Published
2023-01-10
Section
Articles
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 90