PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MAKET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI GAMBAR DETAIL KOLOM DAN BALOK BETON BERTULANG

  • Nimas Ayu Dian Nofita Universitas Negeri Surabaya
  • Krisna Dwi Handayani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Ide penerapan Problem Based Learning memakai bantuan media maket pada upaya memberikan peningkatan kepada kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI pada materi gambar detail kolom dan balok beton bertulang muncul karena metode ceramah memakai media power point pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung tidak efektif karena belumlah memenuhi KKM yaitu 15%. Penelitian berikut mempunyai tujuan guna menilai bagaimana keterlaksanaan pembelajaran guna memberikan peningkatan kepada kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Penelitian berikut memakai penelitian tindakan kelas berjumlah 2 siklus, dengan 2 kali pertemuan per siklus. Sampel penelitian ini terdiri dari 32 siswa kelas XI DPIB 2 SMKN 1 Kemlagi. Lembar tes observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa digunakan dalam instrumen pembelajaran. Metode analisis data menggunakan analisis implementasi dengan menghitung persentase keterlaksanaan pembelajaran dan analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan menghitung ketuntasan di atas KKM.

Berdasarkan temuan penelitian, keterlaksanaan pembelajaran berbasis masalah menggunakan bantuan maket guna memberikan peningkatan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada gambar detail kolom dan balok beton bertulang sangat baik dan memberikan hasil yang memuaskan, persentase untuk guru sebesar 83,64% dan untuk siswa 81,67%. Pada siklus 1 nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi (hasil belajar psikomotorik) siswa kelas XI DPIB 2 adalah 78,13 dan pada siklus 2 adalah 87,5.

Published
2023-01-26
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 44