PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF LECTORA INSPIRE SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN GEDUNG KELAS XI KGSP DI SMKN 5 SURABAYA

  • JESICA PEBERTIGA BR GINTING Universitas Negeri Surabaya
  • Gde Agus Yudha Prawira Adistana

Abstract

Situasi pandemi yang masih terus berlangsung selama lebih kurang 2 (dua) tahun ini memaksa segala aspek kehidupan, termasuk pendidikan, harus mampu beradaptasi dengan cepat terhadap kondisi saat ini. Pemilihan dan penggunaan media harus tepat disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan situasi saat ini sehingga proses pembelajaran dapat tepat sasaran. Oleh karena itu, diperlukan media yang mampu menciptakan pembelajaran yang interaktif. Satu di antaranya adalah media pembelajaran interaktif Lectora Inspire. Tujuan penelitian berikut ialah guna mengetahui kelayakan perangkat dan media, hasil belajar siswa, serta respon peserta didik terhadap media Lectora inspire. Metode yang dipakai ialah metode eksperimen menggunakan jenis metode Quasi Eksperimen ataupun eksperimen semu. Kelayakan perangkat pembelajaran dan media berdasar dari para ahli memperlihatkan kelayakan dari RPP, silabus , soal pretest dan postest, dan media Lectora Inspire adalah sangat layak. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum serta setelah penerapan media pembelajaran interaktif Lectora Inspire sebagai inovasi pembelajaran pada mata pelajaran perawatan Gedung di  kelas XI KGSP SMKN 5 Surabaya. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan hasil belajar menggunakan Lectora Inspire dari nilai pretest ke postest dengan rata-rata peningkatan tersebut sejumlah 15,50 pada kelas eksperimen serta 14,50 pada kelas kontrol. Analisis  uji hipotesis menghasilkan nilai signifikasi lebih kecil dari nilai signifikasi 0,05 (0,000<0,05) memperlihatkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Rata-rata respon siswa di kelas eksperimen (XI KGSP 3) adalah Sangat setuju dalam penggunaan media pembelajaran Lectora Inspire pada mata pelajaran Perawatan Gedung yaitu interval 31 < skor ≤ 40 dengan kategori sangat setuju terdapat frekuensi rata-rata sebesar 31 atau 100%.

Published
2023-01-30
Section
Articles
Abstract Views: 101
PDF Downloads: 81