PENGARUH HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF TERHADAP KINERJA PRAKERIN SISWA DPIB SMKN 7 SURABAYA

  • Diyah Aprilliawati Universitas Negeri Surabaya
  • Suprapto Suprapto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Taraf pengangguran terbuka (TPT) lulusan SMK mendominasi terbanyak, padahal SMK bertujuan mempersiapkan siswa menjadi produktif terjun bekerja di DU/DI dengan kompetensi sesuai program keahliannya. Upaya mengatasi banyaknya pengangguran lulusan SMK dengan menambah daya serap
penerimaan lulusan SMK di DU/DI. Berkaitan dengan hal tersebut, kemampuan kinerja siswa menjadi pertimbangan DU/DI untuk memperkerjakan. Kinerja Prakerin maksimal bila didorong faktor yang mempengaruhi. Tujuan penelitian untuk melihat besar pengaruh kedisiplinan siswa, kecerdasan emosional siswa, dan hasil belajar mata pelajaran produktif ditinjau dua mata pelajaran basic DPIB dari nilai APL dan
EBK secara simultan terhadap kinerja Prakerin. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain
penelitian regresi untuk mengetahui besar pengaruh antar variabel. Populasinya siswa program keahlian
DPIB SMKN 7 Surabaya, dan untuk sampel penelitian menggunakan 36 siswa kelas XII DPIB SMKN 7 Surabaya tahun ajaran 2021/2022 yang telah melaksanakan Prakerin, sebanyak 36<100 siswa termasuk kedalam nonprobability sampling yakni sampel jenuh. Pengambilan data dengan metode angket. Analisis data: uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis berbantuan software SmartPLS versi 3. Penelitian menghasilkan bahwa kecerdasan emosional dan hasil belajar mata pelajaran produktif APL dan EBK berpengaruh terhadap kinerja Prakerin. Dibuktikan melalui analisis uji T mempunyai hasil perhitungan nilai signifikansi 0,46, dalam SmartPLS dikenal Goodness of Fit (GoF). Hasil hitung nilai Gof yang menunjukkan nilai sebesar 0,46 berada pada taraf tinggi dalam mempengaruhi dengan rentang nilai 0,38-1,00 memiliki arti penerimaan Ha dan penolakan H0. Nilai koefisien determinasi simultan (R2) sebesar 0,626 (62,6%), berarti sebanyak 62,6% variabel bebas kedisiplinan siswa, kecerdasan emosional dan hasil belajar mata pelajaran produktif ditinjau dua mata pelajaran basic DPIB dari nilai APL dan EBK secara simultan berpengaruh terhadap kinerja Prakerin siswa kelas XII DPIB SMKN 7 Surabaya sebagai variabel terikat.

Published
2023-01-30
Section
Articles
Abstract Views: 155
PDF Downloads: 191