HUBUNGAN ANTARA MINAT KERJA DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI S-1 PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN

  • Dini Sulistiyawati Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Dwi Mulyono

Abstract

Program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Surabaya mengarahkan mahasiswa menjadi tenaga pendidik yang berkompeten. Namun berdasarkan hasil wawancara bersama beberapa mahasiswa menyatakan bahwa terdapat perbedaan minat kerja dikalangan mahasiswa dikarenakan adanya peluang bagi mahasiswa tersebut untuk bekerja di bidang yang lain selain berprofesi sebagai guru. Adapun bidang lain yang dimaksud adalah bidang industri konstruksi yang juga banyak diminati mahasiswa. Permasalahan inilah yang menjadi topik utama pada pembahasan dalam penelitian ini. Jenis penelitian yang dipakai pada penelitian berikut yakni Ex Post Facto dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 70 orang yang berasal dari angkatan 2018 sampai 2019 yang sudah memprogram seluruh mata kuliah terutama PLP dan PKL. Setelah dilakukan perhitungan dengan rumus Slovin, diperoleh jumlah sampel berjumlah 60 orang menggunakan teknik sampling yaitu Purposive Sampling. Metode pengambilan data yang dipakai adalah angket dan dokumentasi. Pada teknik analisis data memperlihatkan hasil bahwasanya: (1) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat kerja di industri konstruksi dengan prestasi belajar mahasiswa dibuktikan dengan sig (0,653) > α (0,05) pada taraf signifikansi 5%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat kerja sebagai guru dengan prestasi belajar mahasiswa dibuktikan dengan sig (0,001) < α (0,05) pada taraf signifikansi 5%; (3) terdapat hubungan antara minat kerja di industri konstruksi dan minat kerja sebagai guru dengan prestasi belajar mahasiswa secara simultan dibuktikan dengan Sig (0,005) < α (0,05) pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa variabel minat kerja tidak cukup kuat untuk dijadikan acuan dalam menentukan prestasi belajar mahasiswa, sehingga diperlukan adanya variabel lain sebagai acuan pelengkap diluar variabel minat kerja.

Published
2023-02-01
Section
Articles
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 205