IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 3D MENGGUNAKAN SKETCHUP PADA ELEMENT STRUKTUR BANGUNAN PERUMAHAN

  • Luqman Baskara Mahasiswa
  • Hendra Wahyu Cahyaka Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Media pembelajaran animasi 3D menggunakan sketchup pada element struktur bangunan ini dibuat untuk mengetahui keterlaksanaan, respon dan perbedaan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan eksperimen semu atau quasi experimental research menggunakan dua sample kelas yaitu (XI-TKP 1) kelas eksperimen dan (XI-TKP 2) sebagai kelas kontrol nya. Analisis data yang digunakan yaitu data hasil kelayakan media video animasi, keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa dan hasil belajar siswa untuk kemudian dilakukan (uji-t) dan menarik kesimpulan hipotesis. Hasil kelayakan media video animasi menggunakan sketchup oleh dua validator yaitu satu dosen dan satu guru mata pelajaran memperoleh presentase rata-rata 91,3% sehingga tergolong (Sangat Layak). Hasil keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pada kelas eksperimen mendapatkan presentase rata-rata dari kegiatan awal, inti dan akhir oleh tiga pengamat yang ikut di kelas sebesar 92,7% sehingga tergolong (Sangat Baik). Hasil respon siswa terhadap penerapan media animasi 3D pada element struktur bangunan perumahan mendapatkan presentase sebesar 81,18% sehingga tergolong (Sangat Baik). Hasil dari uji-t didapatkan “Bahwa nilai Sig. adalah sebesar 0,022 atau 2,2% < 0,05 atau 5% maka H0 ditolak dan H1 di terima, yang berati ada perbedaan hasil belajar siswa  kelas eksperimen dan kelas kontrol”. Kemudian dianalisis lagi menggunakan SPSS untuk menentukan hipotesisnya dan disimpulankan bahwa “t-hitung sebesar 2,344 dan t-tabel sebesar 2,000 yang berati 2,344 > 2,000 (t-hitung > t-tabel), maka H0 ditolak dan H1 di terima, yang berati ada perbedaan hasil belajar siswa  kelas eksperimen dan kelas kontrol”. Dengan perbandingan rata-rata nilai kelas eksperimen (XI-TKP 1) adalah 86,8. Sedangkan kelas kontrol (XI-TKP 2) hanya mendapatkan rata-rata nilai 78,4.

Published
2023-04-04
Section
Articles
Abstract Views: 176
PDF Downloads: 171