PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI 3D SKETCHUP DAN TANPA MEDIA PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG KELAS XI DPIB SMKN 7 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar siswa antara media pembelajaran video animasi 3D Sketchup dan tanpa media, (2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media video animasi 3D SkechtUp pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior gedung di kelas XI DPIB SMKN 7 Surabaya.
Pada penelitian ini menggunakan Desain Penelitian Quasi Experiment dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian ini Siswa kelas XI DPIB SMKN 7 Surabaya yang berjumlah 37 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan Lembar Hasil Belajar dan Lembar Observasi Keterlaksanaan Pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis hasil belajar dengan menghitung persentase nilai ketuntasan diatas KKM, Uji Normalitas menggunakan Chi Kuadrat, Uji Homogenitas menggunakan Uji-F, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji-t, analisis keterlaksanaan pembelajaran dengan menghitung persentase keterlaksanaan pembelajaran.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Perbedaan hasil belajar siswa pada nilai kelas XI DPIB 1 mendapatkan presentase ketuntasan 83,78%, sedangkan nilai kelas XI DPIB 2 mendapatkan presentase ketuntasan 18,91%. Hasil analisis Uji Hipotesis (Uji-t) dinyatakan “Terdapat Perbedaan Hasil Belajar Siswa antara Kelas XI DPIB 1 dengan Media Video Animasi 3D Sketchup dan Kelas XI DPIB 2 dengan tanpa Media pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Kelas XI DPIB SMKN 7 Surabaya”. (2) Hasil keterlaksanaan pembelajaran pada Kelas XI DPIB dengan menggunakan Media Video Animasi 3D Sketchup memperoleh hasil persentase dengan skor rata-rata 83,48% dan terlaksana dengan Sangat baik.
PDF Downloads: 138