Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Media Poster pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Kelas X di SMK Negeri 3 Surabaya

Authors

  • Iizza Amalinda Haqim Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Dwi Mulyono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Model dan media pembelajaran yang sesuai sangat penting untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal. Mata pelajaran yang berisi teori membuat jenuh sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menggunakan model dan media sesuai materi serta pembelajaran berpusat pada peserta didik. Model dan media yang dapat diterapkan yaitu model kooperatif berbasis inkuiri terbimbing dengan media poster. Model pembelajaran ini membuat peserta didik aktif dan mengeluarkan kemampuan yang dimiliki sehingga pembelajaran tidak jenuh dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran; (2)menganalisis perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis inkuiri terbimbing dengan media poster dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) dengan media papan tulis, (3)mengetahui respon peserta didik pada kelas eksperimen dan kontrol. Metode yang digunakan Quasi Experimental Desain dengan model noneequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Surabaya pada kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Populasi penelitian ini seluruh kelas X DPIB dengan pengambilan sampel jenuh X DPIB 1(kelas kontrol) dan X DPIB 2(kelas eksperimen) sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini (1)rata-rata keseluruhan validasi perangkat pembelajaran sebesar 93,7% yang termasuk pada kategori sangat baik sehingga perangkat pembelajaran dapat digunakan; (2)diperoleh hasil uji hipotesis t hitung = 2,07 > t Tabel = 1,99 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen; (3)presentase respon peserta didik kelas eksperimen 74,94% dan pada kelas kontrol 73,71%, keduanya termasuk kategori baik.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Kooperatif, Media Poster, Respon Peserta Didik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-03

Issue

Section

Article
Abstract views: 185 , PDF Downloads: 154