META-ANALISIS MODEL DAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK

Authors

  • Hardini Tri Handayani Universitas Negeri Surabaya
  • Mas Suryanto HS Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Persoalan yang banyak ditemukan di sekolah ialah peserta didik kurang memahami materi pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan (GKB) dan guru mengalami kesulitan dalam mengatasi persoalan pembelajaran tersebut. Model dan media pembelajaran hadir menjadi faktor penunjang dalam menghadapi persoalan belajar peserta didik pada mata pelajaran GKB. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui perpaduan antara model dan media pembelajaran yang optimal dalam kegiatan belajar GKB. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan teknik meta-analisis. Sumber literatur didapat melalui Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JK-PTB) UNESA, di mana ada sepuluh buah artikel sesuai dengan topik yang diteliti. Meta-analisis dalam penelitian ini fokus mencari nilai effect size. Effect size menjadi tolok ukur hasil penelitian dalam bentuk indeks kuantitatif. Perhitungan effect size dari sepuluh artikel menghasilkan nilai tertinggi pada Model Pembelajaran Langsung dengan media AutoCAD 3D yakni sebesar 1,14 yang termasuk dalam kategori efek sangat tinggi. Persentase hasil belajar peserta didik meningkat di angka 7,14%. Berlandaskan nilai effect size tertinggi dan peningkatan persentase hasil belajar peserta didik, maka model pembelajaran yang sesuai untuk dilaksanakan pada pembelajaran GKB adalah Model Pembelajaran Langsung, dan media pembelajaran yang efektif digunakan dalam kegiatan belajar GKB adalah AutoCAD 3D. Hasil penelitian ini memberikan panduan praktis bagi guru untuk memilih model dan media pembelajaran yang tepat guna dalam meningkatkan kualitas pembelajaran GKB di SMK.

Kata Kunci: Effect Size, Gambar Konstruksi Bangunan, Meta-Analisis, Model dan Media Pembelajaran, AutoCAD 3D.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-26

Issue

Section

Article
Abstract views: 125 , PDF Downloads: 195