PENGEMBANGAN MEDIA SKETCHUP BERBASIS ANIMASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI KELAS XI DPIB SMKN 3 JOMBANG

Authors

  • Muhammad Badroni Universitas Negeri Surabaya
  • Mas Suryanto HS Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Siswa SMK Negeri 3 Jombang kesulitan untuk memahami materi Estimasi Biaya Konstruksi (EBK). Siswa menganggap sulit materi EBK karena membutuhkan kemampuan dalam memvisualisasikan struktur bangunan seperti perhitungan volume pekerjaan yang berupa gambar kerja. Media pembelajaran berupa SketchUp 3D berbasis animasi dipakai dalam penelitian ini yang mana menyajikan isi atau volume struktur bangunan dengan jelas dan dapat membantu siswa dalam memvisualisasikan sebuah struktur bangunan, sehingga mempermudah dalam perhitungan struktur bangunan. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui kelayakan media SketchUp 3D berbasis animasi, perangkat untuk pembelajaran, dan respon siswa terhadap media SketchUp 3D berbasis animasi. Penelitian ini berfokus pada jenis pengembangan (Research and Development/R&D). Pengumpulan data yang digunakan yakni menggunakan teknik kuisioner. Perangkat media dan pembelajaran di validasi oleh guru Estimasi Biaya Konstruksi di sekolah SMK Negeri 3 Jombang dan dosen Teknik Sipil Universitas Negeri Surabaya. Angket respon siswa diberikan kepada siswa kelas XI DPIB di SMK Negeri 3 Jombang. Penelitian ini menghasilkan rata-rata nilai persentase dari validasi silabus sebesar 82% dan persentase validasi RPP sebesar 82,14% yang memiliki kategori sangat layak untuk digunakan. Validasi media SketchUp 3D berbasis animasi memiliki hasil atau memperoleh nilai rata-rata 82,50% dengan kategori sangat layak untuk digunakan. Respon yang dihasilkan oleh siswa menunjukkan bahwa Media SketchUp 3D berbasis animasi yang digunakan mampu menambah perhatian siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, hal ini ditunjang melalui efek suara yang ada dan durasi yang singkat, namun tetap memuat materi yang diperlukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-27

Issue

Section

Article
Abstract views: 168 , PDF Downloads: 126