PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI PONDASI TELAPAK DI SMKN 2 SURABAYA

Authors

  • Mohammad Tri Handoko Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Andajani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Dengan berkembangnya IPTEK tepatnya augmented reality (AR), telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan. Penelitian ini didorong oleh karena tidak sedikitnya peserta didik yang mengalami kebosanan dengan pembelajaran konvensional dengan papan tulis di kelas sehingga dibutuhkan sebuah media pembelajaran baru yang mampu menjadi solusi dalam kendala yang terjadi pada proses kegiatan
pembelajaran. Dengan latarbelakang tersebut kemudian dirancang sebuah aplikasi pembelajaran
memanfaatkan teknologi AR. Penelitian ini antara lain berfokus untuk mengevaluasi kelayakan media pembelajaran berbasis AR, mengetahui pengaruh hasil belajar dan respon peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran berbasis AR pada mata pelajaran (mapel) Konstruksi Bangunan Gedung (KBG) pada KD 3.8.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Pre-Experimental Design dengan jenis desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Area atau lokasi yang dipilih untuk mendapatkan data yang diinginkan yakni pada Kompetensi Keahlian Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan di SMK Negeri 2 Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2023/2024. Subjek dari
penelitian ini adalah peserta didik kelas XII KGSP SMK Negeri 2 Surabaya. Subjek penelitian terdiri dari peserta didik kelas XII KGSP SMK Negeri 2 Surabaya, dipilih dengan teknik purposive sampling. Populasi keseluruhan terdiri dari peserta didik kelas XII KGSP SMK Negeri 2 Surabaya yang terdiri dari 36 peserta didik.
Hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) Hasil uji kelayakan media pembelajaran oleh ahli media
memperoleh nilai persentase sebesar 86,36% dengan kategori sangat layak. (2) Hasil pretest mendapatkan nilai rata-rata 58,33 dan meningkat dengan cukup efektif sebesar 57% menjadi 81,81 saat dilakukan posttest, hal ini dapat diartikan bahwa media pembelajaran berbasis AR pada materi pondasi telapak di SMK Negeri 2 Surabaya berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. (3) Hasil respon angket peserta didik memperoleh nilai persentase sebesar 91,22% dengan kategori sangat baik.
Kata kunci: Augmented reality, media pembelajaran, peserta didik, SMK Negeri 2 Surabaya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-10

Issue

Section

Article
Abstract views: 154 , PDF Downloads: 141