Hubungan Praktik Kerja Terhadap Minat Kerja di Bidang Konstruksi dan Keguruan Mahasiswa S1 PTB UNESA
Abstract
Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Surabaya (PTB UNESA) merupakan salah satu program studi yang bertujuan untuk mencetak lulusan yang memiliki keterampilan dan kemampuan di bidang konstruksi dan keguruan. Dimana nantinya mahasiswa yang sudah lulus bebas untuk menentukan keinginan untuk menjadi guru di SMK bangunan atau keranah dunia konstruksi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan tiga sample kelas yaitu Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2017-2019 berjumlah 60 orang. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan kuantitatif menggunakan SPSS untuk mengetahui adanya hubungan antara praktik kerja dan minat kerja mahasiswa. Hasil uji T-Parsial didapat nilai Sig. variabel Y1 adalah 0.288 > 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima berarti terdapat hubungan antara praktik kerja terhadap minat kerja di bidang konstruksi dengan hasil uji regresi berganda menyatakan terdapat pengaruh yang positif. Hasil uji T-Parsial didapat nilai Sig. variabel Y2 adalah 0.896 > probabilitas 0.05. sehingga disimpulkan bahwa H2 diterima berarti terdapat hubungan antara praktik kerja terhadap minat kerja di bidang keguruan dengan hasil uji regresi berganda menyatakan terdapat pengaruh yang negatif. Hasil uji F-simultan dan R-Square didapat variabel X praktik kerja tidak secara simultan mempengaruhi minat kerja mahasiswa Y1 dan Y2. Hasil uji R-square didapat nilai Y1 adalah 20,94% dan untuk Y2 adalah 3,72% yang menjadi besarnya konstribusi variabel (X) praktik kerja dapat mempengaruhi (Y) minat kerja mahasiswa. Teridentifikasi bahwa dari 60 responden yang terklasterisasi angkatan 2017-2019 hanya 8% mahasiswa yang berminat menjadi guru sedangkan 92% lainnya memilih untuk berkiprah di ranah konstruksi. Diartikan bahwa ada 5 mahasiswsa dari total 60 sample yang diambil yang berminat di ranah keguruan sedangkan 55 orang yang menjadi mayoritas memilih bidang konstruksi.
Downloads

