PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT DENGAN MEDIA AUTOCAD 2018 PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DPIB SMKN 2 SURABAYA

  • Irsyad Surya Wijaya Universitas Negeri Surabaya
  • Hendra Wahyu Cahyaka Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar peserta didik dan respon peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dengan media AutoCAD 2018 pada mata pelajaran Kontruksi dan Utilitas Gedung kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Surabaya. Penelitian ini’ menggunakan metode pre-experimental design dengan desain penelitian one-shot case dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI DPIB 2 SMK Negeri 2 Surabaya tahun ajaran 2023/2024. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar observasi, tes, dan angket respon. Adapun beberapa data yang akan dianalisis pada penelitian ini meliputi analisis kelayakan perangkat pembelajaran, analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisis hasil belajar peserta didik, dan analisis respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis kelayakan perangkat pembelajaran memperoleh rata-rata sebesar 85,2% dan tergolong sangat baik. Kemudian, hasil dari keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TGT dengan media AutoCAD 2018 didapatkan rata-rata oleh guru sebesar 89,29% sedangkan oleh peserta didik sebesar 89,51% dan juga keduanya tergolong sangat baik. Hasil belajar pesertabdidik diperoleh rata-rata nilai 84,28 dengan ttabel setinggi 1,689. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa rerata hasil belajar menggambar tampak Gedung oleh peserta didik kelas XI DPIB 2 lebih besar atau sama dengan 75. Sedangkan, hasil analisis respon peserta didik setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TGT dengan media AutoCAD 2018 didapatkan hasil rerata total dari semua aspek adalah sebesar 78,32% dan tergolong kategori baik.

Published
2024-03-07
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 8