Perbedaan Hasil Belajar Dalam Pemasangan Pembesian Pelat Lantai Bangunan Menggunakan Sarana Animasi 3D di SMK

  • Baihaki Rukmandis Universitas Negeri Surabaya
  • Andang Widjaja Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian berikut ini telah dilaksanakan menunjukkan bahwa media animasi dalam proses pembelajaran dapat digunakan, sehingga memudahkan para pendidik (guru) serta sebagai variasi dalam kegiatan proses belajar mengajar (PBM) dalam kelas. Metode penelitian yaitu yang digunakan dalam pembelajaran menggunakan animasi 3D adalah penelitian quasi experiment dengan desain penelitian yaitu yang digunakan post-test only control group. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui kelayakan media animasi 3D, (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan sarana media animasi 3D, (3) mengehtahui perbedaan hasil belajar pembelajaran menggunakan media animasi 3D.  Sampel penelitian ini ialah peserta didik yang sedang mempelajari pemasangan pelat lantai bangunan, peneliti telah memilih dua kelas yakni kelas XII – KGSP 2 menjadi kelas kontrol dengan jumlah 36 peserta didik dan XII – KGSP 3 menjadi kelas eksperimen dengan jumlah 33 peserta didik. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas XII – KGSP SMK Negeri 5 Surabaya. Terdapat perbedaan yaitu hasil belajar peserta didik antar kelas eksperimen yang mendapat perlakuan berupa penayangan animasi 3D dibandingkan kelas kontrol yang tidak mendapat perlakuan. Hasil nilai posttest kelas eksperimen (XII KGSP 3) memiliki rata-rata nila yang lebih bagus yaitu 87,42, sedangkan kelas kontrol (XII KGSP 2) memiliki nilai rata-rata nilai 79,47. Menggunakan uji-t mendapatkan perbandingan untuk thitung 11,423 > ttabel 1,996. Maka, H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti media animasi 3D efektif untuk memaksimalkan hasil belajar peserta didik. Keterlaksanaan pembelajaran pada kelas XII KGSP 3 dengan menggunakan sarana media animasi 3D pada pemasangan pelat lantai bangunan berlangsung dengan “sangat baik” dengan presentase keseluruhan 92%.

Published
2024-02-23
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 14