PENERAPAN METODE STAD BERBANTUAN VIDEO TUTORIAL AUTOCAD 2D MATA PELAJARAN APLPIG KELAS XI SMKN 1 KEMLAGI

  • Anggita Rahmadhany Prameswary Universitas Negeri Surabaya
  • Krisna Dwi Handayani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Rendahnya nilai psikomotorik siswa kelas XI dalam mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung (APLPIG) dikarenakan siswa berperilaku pasif dan kurang percaya diri yang berakibat siswa kurang termotivasi untuk semangat belajar. Kondisi tersebut disebabkan penggunaan metode pembelajaran PBL tanpa adanya media yang membantu proses pembelajaran tersebut, sehingga menyebabkan siswa kurang memahami cara penggambaran konstruksi bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa dan perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan metode STAD berbantuan video tutorial AutoCAD 2D dengan metode pembelajaran PBL. Menggunakan jenis penelitian kuantitatif tipe True Experimental Design dengan desain Posttest-Only Control Design. Penelitian ini berlokasi di SMK Negeri 1 Kemlagi dengan populasi siswa kelas XI jurusan DPIB yang berjumlah 65 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 27 pada setiap kelas. XI DPIB 1 sebagai kelas kontrol dan XI DPIB 3 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik, siswa sangat setuju dengan memberikan respon positif pada metode dan media yang digunakan, terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa saat diterapkan metode STAD berbantuan video tutorial AutoCAD 2D.

 

Kata kunci: Metode STAD, APLPIG, Video Tutorial AutoCAD 2D, Tes Psikomotorik, Menggambar dengan perangkat lunak

Published
2024-03-07
Section
Articles
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 11