Hasil Belajar Estimasi Biaya Konstruksi Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa
Abstract
Hasil observasi kegiatan pembelajaran EBK kelas XII KGSP di SMK Negeri 5 Surabaya menunjukkan bahwa beberapa siswa dengan karakteristik yang berbeda masih mengalami kesulitan untuk menganalisis dan menyelesaikan masalah dalam perhitungan estimasi biaya konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa dengan gaya kognitif FI dan gaya kognitif FD dalam pembelajaran EBK. Dalam penelitian ini, diterapkan metode Quasi Experimental Design-Posttest Only Control Design-Factorial Experimental 2x2 pada 71 sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui post-test hasil belajar dengan instrumen essay dan uji gaya kognitif dengan instrumen GEFT untuk mengklasifikasikan gaya kognitif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan Anava 2 jalur dengan bantuan SPSS 20. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi 0,0001 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima yang menginterpretasikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa dengan gaya kognitif FI dan gaya kognitif FD dalam pembelajaran EBK.
Kata Kunci: Gaya Kognitif, Hasil Belajar, Estimasi Biaya Konstruksi.
Downloads

