Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Kompetensi Keahlian Konstruksi Gedung dan Sanitasi
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah penggunaan media pembelajaran video interaktif dalam estimasi biaya kontruksi adalah pilihan yang tepat. Pembelajaran menggunakan video interaktif yaitu yang menggunakan media dimana media tersebut bisa mengemukakan gambar dab suara seperti film suara dan video cassette. Pembelajaran menggunakan video interaktif berarti pembelajaran yang berlangsung didalam kelas berpatokan pada video yang ditayangkan dan penjelasan guru jika peserta didik kurang memahami maksud dari video. Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui hasil belajar peserta didik dalam pengembangan video interaktif. Jenis penelitian ini yakni pengembangan dengan mengaplikasikan model ADDIE, salah satu proses pembelajaran interaktif yang menerapkan pendekatan pengembangan R&D guna mengajarkan peserta didik dengan dasar pembelajaran secara dinamis, efektif, dan efisien. Sampel yang akan dijadikan bahan penelitian merupakan kelas siswa KonstruksiGedung Sainitasi rombel 1 kelas XI SMK Negeri 5 Surabaya. Teknik pengumpulan data menerapkan dokumentasi, observasi, dan tes meliputi pre- test diaplikasikan pada kelas eksperimen, dan post-test pada kelas pembanding dan eksperimen. Hasil penelitian menyatakan (1) Media Video Interaktif yang telah di uji kelayakan kepada ahli baik itu media maupun ahli materi menyatakan bahwa media video interaktif tersebut layak digunakan dalam pembelajaran terlebih pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi. Selain dari para ahli tersebut yang menilai, peneliti dapat menarik kesimpulan dari berbagai uji lainnya yaitu uji respon peserta didik dan juga uji pembeda dengan mengaplikasikannya pada satu kelas dan membandingkan kepada kelas lain. (2) Respon siswa terhadap Media Video Interaktif sangat beragam, tetapi dalam penelitian ini lebih dominan peserta didik memberikan respon bahwa video pembelajaran interaktif tersebut sangatlah menarik. (3) hasil penelitian yang dilakukan dengan menerapkan media pembelajaran interaktif pada kelas eksperimen menghasilkan data nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan media video interaktif dibandingkan dengan kelas pembanding.
Kata Kunci: R&D, Video Pembelajaran Interaktif, Kelayakan, Hasil Belajar
Downloads

