PENGARUH DURASI PEMBELAJARAN TERHADAP SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI

Authors

  • Redi Andriansah Universitas Negeri Surabaya
  • Djoni Irianto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perbedaan durasi untuk mata pelajaran estimasi biaya konstruksi yang menjadi semakin lama saat ini dikhawatirkan akan dapat memengaruhi sikap siswa dan bisa menyebabkan menurunnya hasil belajar. Penelitian ini memiliki tujuan dalam mengetahui bagaimana pengaruh durasi pembelajaran terhadap sikap siswa saat melaksanakan pembelajaran serta hasil belajar yang didapatkan siswa. Metode penelitian yang dimanfaatkan yaitu pendekatan kuantitatif yang termasuk ke dalam penelitian eksperimen dengan desain pre-eksperimental intec-group comparison yaitu membandingkan perbedaan di antara dua kelompok. Kelas XI TKP di SMK Negeri 2 Surabaya dimanfaatkan menjadi sampel untuk penelitian ini dengan total 71 orang peserta didik. Hasil dari penelitian ini yaitu durasi pembelajaran memberikan pengaruh terhadap sikap siswa ketika mengikuti pembelajaran. Kelompok eksperimen memiliki lebih banyak siwa yang bersikap sangat positif dibandingkan dengan kelompok kontrol. Begitu juga dengan hasil pembelajaran para siswa, kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih baik dalam tes hasil belajar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Saran yang bisa diberikan adalah ketika pembelajaran diberikan dengan durasi yang panjang, maka diberikan jeda sejenak sebelum pembelajaran dilanjutkan kembali.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-03

Issue

Section

Article
Abstract views: 386 , PDF Downloads: 183